Daging Sapi Segar Tetap Laris Meski Harganya Rp 130.000/Kg

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 24 Jun 2017 14:45 WIB
Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Mendekati Hari Raya Lebaran, masyarakat muslim biasanya disibukan dengan berbagai kegiatan, seperti menata rumah, hingga memasak makanan yang nantinya akan disajikan pada Lebaran.

Namun, seperti sudah menjadi tradisi setiap tahunnya beberapa bahan pokok yang akan disajikan pada saat Lebaran juga mengalami kenaikkan harga. Seperti daging sapi di Pasar Kebayoran yang tembus Rp 130.000 per kg.

Hal tersebut diungkapkan Kosasih, salah satu penjual daging sapi di Pasar Kebayoran saat berbincang dengan detikFinance, Jakarta, Sabtu (24/6/2017).

"Sekarang sudah naik, sehari sebelum Lebaran Rp 130.000 per kg," kata dia.

Daging Sapi SegarDaging Sapi Segar Foto: Hendra Kusuma
Kosasih menceritakan, sebelum masuk bulan puasa harga daging sapi di Pasar Kebayoran dijual Rp 110.000 per kg. Seminggu masuk bulan puasa harga mengalami kenaikkan menjadi Rp 120.000 per kg.

"Sekarang sehari sebelum Lebaran naik lagi Rp 10.000 jadi Rp 130.000 per kg," tambahnya.

Dia menyebutkan, kenaikkan harga daging di Pasar Kebayoran ini memang naik sudah dari lokasi pemotongannya.

"Kita juga kan terima harga dari sananya sudah naik, makanya kita jual naik juga, ikutan juga," tambahnya.

Saat berjualan, dia juga menyediakan daging sapi beku hasil impor dengan harga Rp 90.000 per kg. Namun, menjelang Lebaran ini daging beku tidak banyak dicari, sehingga tidak banyak yang menjualnya.

"Kalau yang daging sapi impor yang sudah buka ada Rp 90 ribuan, tapi sekarang stoknya lagi kosong, kebanyakan cari yang segar," tutup dia. (mkj/mkj)