Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 03 Jul 2017 14:14 WIB

Pembangunan Fisik Kereta Api Medan-Danau Toba Dimulai 2019

Jefris Santama - detikFinance
Ilustrasi (Foto: Angling Adhitya Purbaya) Ilustrasi (Foto: Angling Adhitya Purbaya)
Medan - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam waktu dekat berencana membangun jalur kereta api baru ke Parapat. Pembangunan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya pemerintah memperbanyak akses ke sektor wisata Danau Toba.

Kapan proyek ini akan dimulai?

Dengan kondisi saat ini yang mempertimbangkan ketersediaan lahan hingga faktor kondisi geografis, pelaksanaan pembangunan fisik jalur kereta api itu diprediksi baru bisa dimulai pada 2019 mendatang.

"Diprediksi dimulai 2019 sudah melakukan pelaksanaan fisik," kata Pejabat Pembuat Komitmen Wilayah II Balai Teknik Perkereta Apian Wilayah Sumatera Bagian Utara, M Yusuf , Senin (3/7/2017).

Ia mengatakan, kendala dalam membangun jalur itu yakni pembebasan lahan. Selain itu, letak geografis menuju Danau Toba lebih tinggi.

"Memang menuju Danau Toba agak tinggi, nanti diadakan seperti kajian teknis di lapangan," ujarnya.

Yusuf menuturkan, jalur baru yang dibangun nantinya dimulai dari Pematangsiantar menuju Parapat. Jalur tersebut panjangnya mencapai 60 kilometer.

"Kemungkinan beroperasi pada 2020. Nantinya, Medan-Danau Toba dengan menggunakan kereta api waktu tempuhnya sekitar 3 jam," tutupnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com