Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 04 Jul 2017 15:44 WIB

Luhut Tawarkan Banyak Proyek Infrastruktur ke China

Samsdhuha Wildansyah - detikFinance
Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance
Jakarta - Pertengahan Juni lalu Menko Maritim, Luhut Panjaitan, bersama beberapa pejabat pemerintah terbang ke China. Tujuannya menawarkan aneka proyek infrastruktur di Indonesia.

Menurut Luhut, pemerintah tidak ingin menawarkan satu proyek saja untuk satu lokasi. Namun harus berupa paket, jadi satu wilayah akan benar-benar berkembang dengan adanya pembangunan infrastruktur tersebut.

"Kemarin saya lapor ke Presiden (Joko Widodo/Jokowi) yang dari China ternyata sudah serius sekali. Kirim tim untuk melihat Halmahera, ke Kalimantan, kemudian melihat Bali untuk jalan lingkar luar dan daerah wisata baru di sebelah utara Bali, kemudian Sumatera utara untuk melihat sampai ke Danau Toba," kata Luhut ditemui usai Halal Bihalal di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Selasa (4/7/2017).

Pada kesempatan yang sama Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Maritim, Ridwan Djamaluddin, mengatakan konsep yang ditawarkan pemerintah adalah pengembangan wilayah terpadu.

"Jadi bukan satu-satu proyek kecil-kecil tapi dikemas dalam satu wilayah pengembangan wilayah terpadu tapi di dalamnya proyek-proyeknya sudah cukup detail. Jenis proyeknya apa, perkiraan investasinya berapa, ruang lingkup kegiatannya seperti apa," ujar Ridwan.

"Proposal kita itu di Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Bali itu yang kita siapkan," tambah Ridwan. (ang/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com