Baby Sitter Ramai Dicari Pasca Lebaran, Berapa Gajinya?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Rabu, 05 Jul 2017 14:43 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Setelah Lebaran, permintaan baby sitter alias pengasuh bayi juga ramai dicari. Sama seperti asisten rumah tangga (ART), baby sitter juga ada yang mudik dan tidak kembali lagi selepas Lebaran.

"Banyak, kalau supir enggak terlalu. Kalau untuk baby sitter dan ART banyak," ujar Pemilik perusahaan penyalur pekerja PT Dani Mandiri, Dani Setiawan saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Mereka yang ingin menggunakan jasa baby sitter harus mengeluarkan uang setiap bulannya minimal Rp 2 juta per bulan. Sedangkan, untuk baby sitter yang sudah memiliki pengalaman, pengguna jasa harus mengeluarkan dana hingga Rp 3,5 juta per bulan.


Angka tersebut belum termasuk biaya administrasi saat menjemput baby sitter di penyalur. Dani Setiawan, pemiliki PT Dani Mandiri, penyalur ART hingga baby sitter menetapkan biaya administrasi sebesar Rp 2,2 juta.

"Kalau baby sitter Rp 2 juta sampai Rp 3,5 juta. Rp 2 juta sampai Rp 2,5 juta yang pemula 1-2 tahun, kalau lumayan lama Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta. Untuk baby new born itu kisaran Rp 3 juta- Rp 3,5 juta, harus senior skillnya," tutur Dani saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (5/7/2017).


Sedangkan untuk perawat lansia berada di kisaran Rp 2,5 juta sampai Rp 4 juta tergantung pengalaman dan kemampuan dalam merawat lansia.

Untuk supir pribadi, gaji yang ditetapkan oleh PT Dani Mandiri setiap bulannya mulai dari Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta. Angka tersebut belum termasuk uang harian antara Rp 50.000-Rp 70.000. (hns/hns)