Pedagang Masih Mudik, Pasar Tanah Abang Sepi

Citra Fitri Mardiana - detikFinance
Kamis, 06 Jul 2017 11:23 WIB
Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance
Jakarta - Memasuki minggu pertama setelah libur Lebaran, aktivitas perdagangan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, masih sepi. Pantauan detikFinance sejak pasar dibuka pukul 8.00 wib hingga berita ini diturunkan, baru sebagian toko yang sudah buka.

Kondisi tersebut nampak jelas terlihat dari lantai paling bawah (basement) hingga lantai 5 Blok B Tanah Abang. Begitu juga dengan kondisi para pengunjung yang datang, tidak seramai biasanya, bahkan cenderung sepi.

Hal yang sama juga diamini salah satu petugas keamanan Pasar Tanah Abang, bernama Muhidin. Menurutnya, baru sekitar 50% toko yang dibuka hingga hari ke-4 dimulainya operasional Pasar Tanah Abang.

Suasana Pasar Tanah Abang usai libur LebaranSuasana Pasar Tanah Abang usai libur Lebaran Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance

"Lihat saja, banyak yang tutup kan. Untuk keseluruhan pasar ini, paling hanya 50% toko yang buka. Cek saja dari lantai bawah sampai atas," ungkap Muhidin kepada detikFinance, Kamis (6/7/2017).

Menurut Muhidin, banyaknya pedagang yang masih berada di kampung halaman menjadi pemicu sepinya aktivitas perdagangan di Pasar Tanah Abang hingga saat ini.

"Belum pada balik pedagangnya, masih sepi. Masih banyak yang pulang kampung. Ada yang masih di Lampung, Padang. Ini toko yang ini, pemiliknya masih di Amerika," ujarnya.

Suasana Pasar Tanah Abang usai libur LebaranSuasana Pasar Tanah Abang usai libur Lebaran Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance

Seperti diketahui, Pasar Tanah Abang dijadwalkan mulai beroperasi normal pada Senin, 3 Juli 2017, setelah selama sepekan aktivitas pusat perdagangan tersebut ditutup sejak 25 Juni 2017. (hns/hns)