Follow detikFinance
Kamis, 06 Jul 2017 20:07 WIB

Sekarang Darurat, Tol Sampai Semarang Operasi 100% Saat Mudik 2018

Fadhly F Rachman - detikFinance
Jalan Tol (Foto Ilustrasi: Wisma Putra) Jalan Tol (Foto Ilustrasi: Wisma Putra)
Jakarta - Guna membuat kondisi mudik tahun 2018 menjadi lebih baik, pemerintah telah mulai mempersiapkan berbagai infrastruktur yang lebih baik. Itu dilakukan untuk dapat mengurangi kemacetan yang biasa terjadi di puncak mudik.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan dirinya menargetkan untuk dapat menyelesaikan pembangunan jalan tol Trans Jawa hingga mencapai Semarang. Saat ini, jalur hanya digunakan sebagai tol darurat.

"Tahun depan tantangannya adalah tol darurat ini insyaAllah sudah akan jadi tol. Itu sampai ke Semarang. Kalaupun belum operasi, tapi sudah menjadi badan jalan tol yang empat lajur. Ini tantangannya. Insya Allah lebih baik dari tahun ini," kata Basuki saat menghadiri evaluasi mudik lebaran 2017 di, Kompleks Istana, Jakarta, Rabu (5/7/2017).

"Saya harus bisa memberikan pilihan jalur mudik lebih banyak dari tahun 2016. Brexit terjadi karena itu satu-satunya pilihan jalan tol. Saya punya rencana memperbanyak alternatif exit tersebut. Harus ada jalan pantura, pansela, jalan tol fungsional. Ini bukan hanya di Jawa, ada juga di Sumatera dan Sulawesi," sambungnya.

Selain itu, Basuki juga mengatakan, pihaknya juga bakal mempersiapkan jalur alternatif di wilayah Pantai Selatan Jawa (Pansela). Dirinya beharap, jalur tersebut menjadi salah satu tumpuan pemudik pada tahun 2018 mendatang.

"Kita siapkan Pansela. Kita selesaikan siapkan untuk pemudik. Ini nanti tahun 2018 akan menjadi tumpuan dan akan kita teruskan," tukas Basuki. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed