Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 07 Jul 2017 14:01 WIB

Ada KRL Sampai Cikarang, di Mana Saja Stasiunnya?

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mempercepat pengerjaan sarana dan prasarana Kereta Rel Listrik (KRL) dari Jakarta hingga ke Cikarang. Seperti diketahui, saat ini rangkaian kereta komuter tersebut hanya mentok sampai di Stasiun Bekasi.

Kepala Humas Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Joice Hutajulu, mengungkapkan ada 1 stasiun baru yang saat ini tengah dibangun oleh Kemenhub yakni Stasiun Bekasi Timur. Sementara 3 stasiun lainnya saat ini sudah ada dan hanya perlu dilakukan pengembangan.

"Stasiun baru yang benar-benar dibangun baru itu Stasiun Bekasi Timur. Kalau Stasiun Cibitung, Cikarang, Tambun, itu kan sudah ada. Kita hanya lakukan pengembangan agar kapasitas (penumpang) bisa ditingkatkan," kata Joice kepada detikFinance, Jumat (7/7/2017).

Sementara satu stasiun baru lainnya, yakni Stasiun Telaga Murni yang berada di Cikarang Barat, tengah dibangun lewat kerjasama dengan salah satu perusahaan pengembang properti. KRL ke Cikarang sendiri ditargetkan bisa mulai beroperasi penuh pada tahun 2019.

"Stasiun yang sudah hampir selesai itu Stasiun Bekasi Timur. Masih ada beberapa pekerjaan yang masih harus diselesaikan. Kalau ditanya kapan KRL bisa sampai ke Cikarang, itu tergantung kesiapannya nanti. Bisa saja bersamaan, kereta beroperasi di tahun ini selama pekerjaan tetap berlangsung," ungkap Joice.

Seperti diketahui, lintasan KRL dari Bekasi hingga Cikarang ini akan melewati 5 stasiun yang meliputi Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Tambun, Stasiun Cibitung, Stasiun Telaga Murnim dan Stasiun Cikarang.

Proyek pembangunan stasiun, dan kabel persinyalan serta listrik dilakukan bersamaan dengan pembangunan rel ganda Double Double Track (DDT), sehingga Manggarai hingga Cikarang memiliki 4 lintasan. Diharapkan, DDT akan membuat pergerakan KRL dan kereta jarak jauh bisa dilakukan terpisah. (idr/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed