Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 07 Jul 2017 19:45 WIB

Pembangunan Lintasan LRT Jakarta Dikebut, Rampung Januari 2018

Citra Fitri Mardiana - detikFinance
Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance
Jakarta - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) terus menggenjot proyek kereta ringan (Light Rail Transit/LRT) rute Kelapa Gading-Rawamangun. Direktur Utama Jakpro, Satya Heragandhi, mengatakan saat ini proses konstruksi lintasan masih terus dikebut dan progresnya sudah mencapai 27,16%.

Rencananya paling lambat, Januari 2018 mendatang pengerjaan perlintasan LRT sudah bisa selesai.

"Kalau lintasan kita prediksi paling lambat awal Januari (2018) sudah selesai. Rencana itu Februari (2018) selesai. Semoga bisa lebih cepat sebulan. Karena kita khawatirnya, November-Desember (2017) itu hujannya deras," ujar Satya kepada detikFinance, Jumat (7/7/2017).


Kendati demikian, sembari pembangunan konstruksi lintasan selesai, Jakpro juga menunggu rel LRT selesai diproduksi. Bila sesuai jadwal, rel akan selesai diproduksi pada akhir Agustus 2017 dan akan mulai memasuki proses pengiriman pada November-Desember 2017.

"Januari berarti saya bisa mulai pasang (rel). Perkiraan (pemasangan) itu dalam 3 bulan. Januari-Maret sudah terpasang," lanjut Satya.

Selanjutnya, pada April-Juni 2018 pembangunan LRT Velodrome-Kelapa Gading akan menginjak proses penyelesaian akhir, termasuk pemasangan kelistrikan hingga persinyalan. Dengan demikian, Juni 2018 mendatang, LRT sudah bisa selesai dan siap memasuki tahap uji coba.


"Nanti tinggal masalah kelistrikannya. termasuk sinyal dan sebagainya. Selesai Juni 2018. Uji coba dua bulan Juni-Juli. Agustus 2018 sudah mulai bisa dipakai," terang Satya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com