Follow detikFinance
Minggu 09 Jul 2017, 18:46 WIB

Ciledug-Tendean Tinggal Duduk Nyaman Satu Jam Pakai Busway Layang

Citra Fitri Mardiana - detikFinance
Ciledug-Tendean Tinggal Duduk Nyaman Satu Jam Pakai Busway Layang Foto: Citra Fitri Mardiana-detikFinance
Jakarta - Setelah sempat molor dari jadwal, PT Transjakarta akhirnya akan mengoperasikan koridor 13 rute Tendean-Ciledug pada 17 Agustus 2017 mendatang.

Dengan beroperasinya koridor tersebut, masyarakat dari Tendean menuju Ciledug atau sebaliknya akan memperoleh waktu perjalanan yang lebih singkat dari seharusnya, yakni sekitar 1 jam.

Selama ini, macetnya jalan raya Ciledug membuat perjalanan dari Ciledug menuju Blok M saja bisa ditempuh dalam waktu 1 jam lebih. Untuk mencapai Tendean, dari Blok M butuh tambahan waktu lagi sekitar 30-45 menit.

Waktu tempuh menggunakan sepeda motor bisa saja lebih singkat, namun itu juga harus melalui perjuangan melewati jalan tikus atau memutar lewat jalan raya Permata Hijau.

Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan, dengan sekitar 20-30 unit bus untuk operasional terbatas nantinya di 17 Agustus, masyarakat cukup duduk santai di dalam bus untuk menempuh perjalanan Ciledug-Tendean selama 1 jam saja. Tarif yang diberlakukan pada koridor 13 pun sama dengan koridor lainnya, sebesar Rp 3.500.

"Tarif enggak ada yang berubah, masih sama saja," ungkapnya saat melakukan peninjauan langsung di jalur busway Tendean-Ciledug, Minggu, (9/7/2017).

Budi menuturkan, akan ada sebanyak 13 halte yang akan dilewati bus Transjakarta koridor 13. Kendati demikian hanya akan ada 3 halte yang dioperasikan selama operasional terbatas nanti.

"Ada 3 halte yang akan beroperasi sementara, Tendean, Tirtayasa, dan Adam Malik (Ciledug)," pungkas Budi.

Budi menaksir, setidaknya akan ada 40 ribu penumpang yang akan terangkut setiap harinya dari Ciledug-Tendean atau sebaliknya. Rencananya waktu operasional koridor 13 akan dimulai pukul 05.00-19.00. Kendati demikian, waktu tersebut akan menyesuaikan kebutuhan yang diperlukan. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed