Follow detikFinance
Selasa 11 Jul 2017, 17:00 WIB

Didemo Nelayan, Susi: Masih Boleh Pakai Cantrang Sampai Akhir 2017

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Didemo Nelayan, Susi: Masih Boleh Pakai Cantrang Sampai Akhir 2017 Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Jakarta - Sejumlah nelayan hari ini melakukan demonstrasi di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Nelayan tersebut menolak kebijakan penggunaan cantrang yang dikeluarkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Susi yang hari ini hadir dalam rapat kerja bersama Komisi IV DPR RI ditanya oleh anggota dewan mengenai hal tersebut. Edhy Prabowo, Ketua Komisi IV DPR RI menanyakan perihal demonstrasi nelayan yang memprotes kebijakan Susi tersebut.

"Mengenai demo hari ini kami perlu mengetahui dari Ibu Susi," kata Edhy di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Susi pun menegaskan, pihaknya dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepakat penggunaan cantrang diperbolehkan hingga Desember 2017. Selanjutnya, para pemilik kapal harus mengganti alat tangkapnya yang lebih ramah lingkungan.

"Kesimpulan terakhir, saya, Presiden dan Kantor Staf Kepresidenan final cantrang berakhir akhir 2017," kata Susi.

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya, untuk kapal dengan ukuran di bawah 10 GT akan difasilitasi KKP penggantian alat tangkap cantrang. Sedangkan untuk kapal-kapal besar di atas 30 GT dapat memanfaatkan fasilitas kredit dari Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk membeli alat tangkap baru.

"Kapal di bawah 10 GT kami beri alat tangkap. Kapal-kapal besar difasilitasi oleh BNI dan BRI dalam pengalihan alat tangkap cantrang ke alat tangkap lainnya," tutur Susi. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed