Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 15 Jul 2017 12:54 WIB

Dulu Jadi Primadona, WTC Mangga Dua Perlahan-lahan Ditinggal Pembeli

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - Toko-toko di pusat perbelanjaan WTC Mangga Dua banyak yang tutup. Kondisi di sana seperti gedung tua yang ditinggal penghuninya, sangat sepi.

Padahal menurut cerita salah seorang pedagang yang masih bertahan, di awal-awal kemunculannya, kata Yuli, WTC Mangga dua menjadi salah satu mall yang menjadi primadona di kawasan Jakarta Utara.

Pasalnya dengan menggunakan nama besar "WTC", masyarakat banyak penasaran dan mendatangi mal tersebut. Yuli si pedagang itu sendiri sudah mulai berjualan di sana sejak awal-awal WTC Mangga Dua hadir di ibu kota.

"Saya di sini sudah dari pertama buka WTC, kalau enggak salah tahun 2001 kayaknya, tapi saya lupa kalau enggak salah ya. Dulu di sini ramai, namanya kan WTC, seperti di luar negeri. Itu jadi daya tarik masyarakat sendiri," kata Yuli saat ditemui detikFinance di tokonya, Sabtu (15/7/2017).

Tapi entah kenapa, kondisi itu perlahan-lahan mulai berubah. Puncaknya lima tahun ke belakang. Seluruh pedagang mulai serempak menutup kiosnya satu per satu.
"Lima tahun ke belakang deh kira-kira, sudah mulai tutup semua toko-tokonya ini. Padahal dulu jadi primadona WTC ini. Eh jadi sekarang enggak ada yang ke sini," kata Yuli.

Yuli mengatakan tak tahu pasti faktor yang menyebabkan WTC Mangga Dua menjadi suram seperti saat ini. Namun ia mengatakan, memang saat ini perekonomian sedang mengalami masa sulit, sehingga para pedagang lebih memilih untuk menutup kiosnya.

"Orang dagang di mana-mana memang lagi memble. Ekonominya memang lagi rusak, daya beli turun, jadi susah. Kalau di sini kebanyakan kan pegawai yang jaga, pegawai itu laku syukur, ga laku syukur. Tapi bosnya kan enggak mau tahu," katanya.
Dulu Jadi Primadona, WTC Mangga Dua Perlahan-lahan Ditinggal Pembeli  Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed