Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 16 Jul 2017 20:30 WIB

Strategi Pemprov DKI agar Trotoar Tak Lagi Semrawut

Citra Fitri Mardiana - detikFinance
Foto: Citra Fitri Mardiana Foto: Citra Fitri Mardiana
Jakarta - Rusaknya trotoar lantaran pembangunan jaringan seperti listrik dan telepon kerap membuat kondisi trotoar semakin semrawut.

Akibatnya para pejalan kaki sering kali berjalan di jalan raya, lantaran trotoar yang seharusnya dimanfaatkan justru tidak dapat difungsikan karena tengah dalam penggalian.

Mengantisipasi agar kejadian tersebut tidak terjadi berlarut-larut, Dinas Bina Marga DKI Jakarta berencana akan membangun sebanyak 1100 titik man hole utilitas (box) di Jakarta, tahun ini. Man hole utilitas merupakan sebuah box saluran khusus untuk jaringan utilitas yang biasa tertanam di dalam tanah.

Dengan demikian, seluruh jaringan utilitas akan berada dalam satu saluran. Sehingga pihaknya tidak perlu khawatir, trotoar akan menjadi rusak karena digali berkali-kali.

"Nah dalam pembangunan trotoar DKI saya juga bangun juga man hole utilitas. Tahun ini 1.100 titik man hole yang akan kita bangun. Itu dibangun di trotoar yang kita bangun, jadi bersamaan," ungkap Kepala Seksi Perencanaan Prasarana Jalan dan Utilitas Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Riri Asnita kepada detikFinance, Minggu (16/7/2017).

Riri mengaku, program tersebut telah berjalan sejak tahun 2016 lalu, sementara hingga saat ini pihaknya mencatat sebanyak 792 titik man hole utilitas sudah terbangun di DKI Jakarta. Antara lain di kawasan Tanah Abang di Jakarta Pusat, kemudian kawasan Terminal Rawamangun di Jakarta Timur, kawasan Blok M Jakarta Selatan, kawasan Terminal Grogol di Jakarta Barat dan kawasan Terminal Tanjung Priok di Jakarta Utara.

"Kita bangun per jarak 25 m paling minim. Nah dengan lebar 1,2x1,8 meter dengan ke dalam 2,3 meter, fungsi ini sebenarnya untuk kedepannya agar pemilik jaringan utilitas membongkar pasang di trotoar kita. Semua pemilik jaringan utilitas kalau mau pasang viber optik harus pasang di box utilitas yang udah kita bangun," jelasnya. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed