Follow detikFinance
Senin 17 Jul 2017, 15:05 WIB

Ada Kereta Kencang JKT-SBY, 100 Lintasan Sebidang Dihilangkan

Michael Agustinus - detikFinance
Ada Kereta Kencang JKT-SBY, 100 Lintasan Sebidang Dihilangkan Foto: Pool
Jakarta - Pemerintah ingin membuat kereta kencang yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya (JKT-SBY). Persiapan proyek ini sedang digarap Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Menurut Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, pemerintah ingin kereta cepat JKT-SBY bisa melaju 160 km/jam. Agar kecepatan ini bisa tercapai maka perlu dilakukan 2 hal.

Pertama, perlu memakai sistem elektrifikasi. Kedua, harus menghilangkan kurang lebih 100 lintasan sebidang.

"Itu dua hal harus dilakukan, it's a must," ujar Budi Karya dalam acara Kongres Teknologi Nasional di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Selain itu, membandingkan kereta kencang JKT-SBY dengan pesawat. Artinya, waktu tempuh kereta kencang JKT-SBY tak boleh terlalu lama dibanding pesawat.

"Pesawat itu 1,5 jam, tunggunya 1 jam. Kalau kereta ini bisa dengan lima jam ini kompetitif. Tapi kalau 7 jam menjadi tidak ada suatu lompatan," terang Budi.

Dia menambahkan, pemerintah menyerahkan sepenuhnya kepada BPPT mengkaji proyek kereta kencang JKT-SBY. Termasuk, mana yang lebih baik cocok, memakai listrik atau diesel untuk mencapai waktu tempuh 160 km/jam. (hns/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed