Follow detikFinance
Senin 17 Jul 2017, 18:08 WIB

Orang Miskin RI Bertambah, Ini Kata Darmin

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Orang Miskin RI Bertambah, Ini Kata Darmin Foto: Wahyu Daniel
Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah penduduk miskin di Indonesia bertambah sebanyak 6.900 orang selama September 2016 hingga Maret 2017. Total penduduk miskin pada Maret 2017 tercatat 27,77 juta orang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan jumlah orang miskin di Indonesia hanya bertambah sedikit. Sementara tingkat kesenjangan si kaya dan si miskin atau rasio gini tidak mengalami kenaikan.

"Tingkat kemiskinan ada naik sedikit kali ya. Tapi gini ratio nggak naik loh. Sehingga saya lebih cenderung melihat itu angka pada Maret kan," kata Darmin di kantornya, Jakarta, Senin (16/7/2017).

Menurutnya, bertambahnya jumlah penduduk miskin tersebut disebabkan oleh kondisi musim yang saat ini tak menentu. Hal itu membuat pendapatan penduduk miskin, dalam hal ini petani dan buruh tani jadi terganggu.

"Musim panen tahun ini kan enggak begitu bagus kan. Hujannya enggak banyak. Sehingga dia terganggu penghasilan petaninya. Sehingga kenaikannya (penghasilanya) sedikit naik. Itu mustinya bukan perubahan struktural. Persoalan musim, persoalan yang nggak bisa dianggap remeh. Tapi yang namanya hujan, siapa yang bisa ngatur hujan," katanya.

Sebelumnya, Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto, mengatakan daerah pedesaan merupakan pusat penduduk miskin terbanyak. Per Maret 2017, jumlah penduduk miskin di pedesaan mencapai 17,098 juta orang. Jumlah itu lebih tinggi dibandingkan jumlah orang miskin di perkotaan yang sebanyak 10,673 juta orang.

"Daerah pedesaan seperti diketahui sebagai pusatnya orang miskin. Di pedesaan 51% orang miskin bekerja di sektor pertanian. Kalau ingin menangani di sana harus mensejahterakan petani, dan upah buruh petani," katanya. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed