Follow detikFinance
Selasa 18 Jul 2017, 07:23 WIB

Jelajah Calon Ibu Kota

Menyusuri Palangka Raya, Calon Ibu Kota Baru RI

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Menyusuri Palangka Raya, Calon Ibu Kota Baru RI Foto: Eduardo Simorangkir
Palangka Raya - Jakarta yang sudah terlalu sempit dan menanggung banyak beban membuat pemerintah mengkaji rencana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke kota lain di luar Pulau Jawa. Tak main-main, Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengkaji rencana pemindahan Ibu Kota ini dan diharapkan bisa selesai pada akhir tahun nanti.



Kota Palangka Raya di Provinsi Kalimantan tengah menjadi satu kandidat terkuat untuk menjadi calon Ibu Kota baru nanti. Lahan seluas 300 ribu hektar (ha) telah disiapkan, apabila pemerintah pusat pada akhirnya benar-benar akan merealisasikan rencana tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, detikcom pun mencoba menyusuri kota Palangka Raya. Jalur tercepat yang dapat ditempuh menuju kota ini dari Jakarta adalah melalui udara. Bandara Tjilik Riwut menjadi satu-satunya pintu gerbang yang langsung menyambungkan Jakarta dan Palangka Raya lewat udara.

Jalan Mulus Menuju Palangka RayaJalan Mulus Menuju Palangka Raya Foto: Eduardo Simorangkir


Alternatif lainnya yang bisa ditempuh menuju Palangka Raya adalah melalui Banjarmasin di Kalimantan Selatan, namun masih harus menempuh waktu sekitar 4 hingga 5 jam lagi untuk sampai di Palangka, biasa masyarakat setempat menyebutnya.

"Seperti yang terjadi di tahun 2014 kemarin, pas peristiwa asap kebakaran hutan, kota Palangkaraya lumpuh total. Jadi orang yang mau keluar, larinya ke Banjarmasin," ungkap Fika, salah seorang masyarakat pendatang saat ditemui detikFinance di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Selasa (11/7/2017).

Menyusuri Palangka Raya, Calon Ibu Kota Baru RIFoto: Eduardo Simorangkir


Sama seperti Jakarta, kota yang berada di pulau terluas di Indonesia ini masih memiliki zona Waktu Indonesia bagian Barat. Hal ini membuat penduduk yang nantinya akan pindah ke lokasi ini tak perlu repot mengganti jam penunjuk waktunya.

Pusat kota Palangka Raya sendiri dapat ditempuh sekitar 20 menit dari Bandara Tjilik Riwut dengan jarak sekitar 13 km. Tak sama dengan Jakarta, jalan yang dilalui dari Bandara masih berupa jalan arteri, bukan jalan bebas hambatan atau tol. Namun demikian, kondisi jalan yang dilalui terbilang mulus dan tak ditemui lubang atau amblas.

Menyusuri Palangka Raya, Calon Ibu Kota Baru RIFoto: Eduardo Simorangkir


Seperti diketahui, dengan adanya wacana pemindahan Ibu Kota ini, maka nantinya Jakarta akan dijadikan pusat bisnis, sama seperti New York, yang digantikan peran ibu kotanya dengan Washington DC di Amerika Serikat (AS). Sedangkan kota baru yang masih dikaji lokasinya ini akan menjadi wajah baru pusat pemerintahan.

Saksikan liputan lengkapnya soal 'Jelajah Calon Ibu Kota RI di Palangka Raya' hanya di detikcom. (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed