Menhub Ajak Maskapai Garap Rute Asia Selatan dan Timur Tengah

Heldania Ultri Lubis - detikFinance
Jumat, 21 Jul 2017 22:50 WIB
Foto: Heldania Ultri Lubis/detikcom
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan pertumbuhan penumpang pesawat terbang terus meningkat. Untuk itu, Budi berencana membuka beberapa rute penerbangan internasional untuk menjaring lebih banyak lagi wisatawan mancanegara ke Indonesia.

"Pertumbuhan itu baik. Sehingga saya pikir perlu juga diiringi dengan beberapa peningkatan ya. Salah satunya kita buka penerbangan untuk negara-negara seperti Asia Selatan dan Timur Tengah," ujar Budi dalam acara peresmian Gedung LOC atau Lion Group Operational Control Center di Tangerang, Banten, Jumat (21/7/2017).

Budi menyebut saat ini penerbangan ke Timur Tengah telah terbuka melalui penerbangan haji. Namun demikian, Budi mengungkapkan keinginannya untuk menarik turis dari Timur Tengah datang ke Indonesia.

"Makanya kita akan mulai dari India. Kalau India sudah, untuk ke Timur Tengah itu lebih gampang. Karena kita punya kesamaan seperti culture, agama. Jadi mudah bagi kita untuk mengangkut itu," katanya.

"Jadi kita akan mulai dengan India, kemudian Pakistan dan Bangladesh. Untuk yang Timur Tengah, kita bisa mulai dari Arab Saudi," lanjut Budi

Budi mengajak maskapai nasional untuk menggarap penerbangan internasional itu, salah satunya Lion Air Group. Budi menyebut rencananya maskapai Batik Air akan menerbangi Mumbai (India) paling lambat akhir bulan ini.

"Untuk Indonesia sebenarnya sudah mengajukan. Mungkin selesai dalam waktu satu bulan itu," tutur Budi. (hld/hns)