Follow detikFinance
Selasa 25 Jul 2017, 15:29 WIB

Jokowi: Kita Baru Bicara Kereta Cepat, Orang Lain Sudah Hyperloop

Bagus Prihantoro Nugroho - detikFinance
Jokowi: Kita Baru Bicara Kereta Cepat, Orang Lain Sudah Hyperloop Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Presiden Jokowi memimpin rapat untuk membahas perkembangan pembangunan kereta cepat. Sejumlah menteri sampai Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan hadir.

"Saya ingin mengingatkan lagi bahwa dalam hal pembangunan dan pelayanan transportasi masal, terutama di kawasan perkotaan dan juga antar kota, kita harus menyadari bahwa kita jauh tertinggal dibandingkan negara-negara yang lain," kata Jokowi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (25/7/2017).

Jokowi ingin Indonesia tak ketinggalan dalam hal teknologi. Sudah saatnya bangsa Indonesia berpikir jauh ke depan.

"Kita baru saja berbicara masalah high speed train tapi negara lain sudah bicara hyperloop. Oleh sebab itu kita jangan kehilangan momentum dan terkait dengan high speed train," ungkap Jokowi.

Jokowi lalu meminta laporan perkembangan pembangunan itu baik untuk rute Jakarta-Bandung ataupun Jakarta-Surabaya. Rapat kemudian berlangsung secara tertutup.

Hyperloop sendiri merupakan sebuah teknologi yang tengah dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, SpaceX, milik Elon 'Iron Man' Musk. Hyperloop adalah moda transportasi berbentuk tabung yang memiliki kecepatan hingga 500 km/jam.

Kapsul-kapsul ini akan meluncur dalam tabung panjang yang punya fungsi seperti rel kereta api ke tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Teknologi ini memungkinkan persinggahan dari titik A ke titik B, tak ada perhentian di stasiun-stasiun kecil seperti kereta.

Chaiman Hyperloop Bibop G. Gresta mengatakan, pihaknya telah melakukan pembicaraan dengan sejumlah partner lokal di Indonesia untuk mewujudkan Hyperloop.

Pada Maret 2017, Bibop juga mengaku telah melakukan penandatanganan di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang disaksikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS). (bpn/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed