Follow detikFinance
Selasa 25 Jul 2017, 17:45 WIB

Sandiaga Uno ke Pengusaha Muda: Jangan Terjun ke Politik

Muhammad Idris - detikFinance
Sandiaga Uno ke Pengusaha Muda: Jangan Terjun ke Politik Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno, menyebut Indonesia saat ini kekurangan jumlah entepreneur alias wirausaha. Jiwa wirausaha, kata dia, perlu didorong pada anak-anak muda.

Namun begitu, dengan nada bercanda, dirinya ingin anak-anak muda fokus pada bisnis, dan tak terbesit sekalipun masuk ke dunia politik.

"Kita kurang pengusaha, don't get fancy di politik. Politik itu hanya buat orang-orang dagelan. Cukup saya dan Pak Fadel (Muhammad) ikut politik. Itu pesan saya. Masa depan kita ada di anak-anak muda kita, masa depan ekonomi kita, kalau bisa ciptakan entrepreneur-entrepreneur baru," kata Sandi.

Hal itu disampaikan Sandi saat dirinya memberi motivasi entepreneurship Digital Economic Challenge di Aston Rasuna, Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Saat menjabat Wakil Gubernur nanti, dirinya mengaku akan membuat program ekonomi andalannya selama masa kampanye, Oke Oce, semakin masif dilakukan di semua kecamatan di Jakarta. Karena lewat Oke Oce, jaringan usaha bisa lebih berkembang.

"Di Oke Oce banyak sekali (pengusaha baru). Ada satu pengusaha laundry tadinya omzet tadinya Rp 8 juta, sebelum ada jejaring, sekarang naik 4 kali lipat. Dan jumlah tenaga kerjanya bisa 15 sampai 20 orang," ungkap Sandi.

Lanjut dia, ada 3 masalah yang paling sering dihadapi UKM di Indonesia yakni akses lahan usaha, manajerial, dan modal usaha.

"Ada 3 masalah di UKM kita, pertama akses ke lahan usaha, kedua akses manajerial atau peningkatan sumber daya manusia, dan ketiga alasan klasik yakni modal," ungkap Sandi. (idr/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed