Follow detikFinance
Senin 31 Jul 2017, 18:00 WIB

Dana Haji Mau Ditaruh di Infrastruktur, Begini Caranya

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Dana Haji Mau Ditaruh di Infrastruktur, Begini Caranya Foto: Rachmadin Ismail/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan dana haji bisa dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur. Pemanfaatan dana haji ini dijamin aman dari berbagai risiko.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, investasi dana haji di sektor infrastruktur bisa digunakan lewat pembelian sukuk alias surat utang syariah. Dana hasil penjualan sukuk selanjutnya dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur.

"Misalnya ada proyek infrastruktur jalan tol, dia keluarkan sukuk misalkan. Nah sukuk itu bisa jadi lahan investasi dana haji selama sudah memenuhi DSN (Dewan Syariah Nasional)," kata Bambang di Gedung Bappenas, Jakarta Pusat, Senin (31/7/2017).

Bambang juga menjamin dana haji yang rencananya akan diinvestasikan tersebut tidak akan disalahgunakan. Pasalnya sudah ada perjanjian atau akad wakalah yang diatur dalam Perjanjian Kerja Sama antara Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, dengan Bank Penerima Setoran BPIH tentang penerimaan dan pembayaran BPIH.

"Itu enggak bisa diselewengkan, kan sudah ada akadnya," tutur Bambang.

Ia menambahkan, investasi dana haji dilakukan untuk mengantisipasi berkurangnya nilai riil akibat tergerus inflasi setiap tahunnya. Keuntungan alias return dari investasi dana haji pun nantinya menjadi manfaat tambahan bagi jemaah haji saat menjalankan ibadahnya di tanah suci.

"Intinya itu bisa misalkan pemerintah mau perbaiki akomodasi, transportasi ataupun jasa-jasa pendukung ketika calon haji ada di Mekkah," kata Bambang. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed