Follow detikFinance
Rabu 02 Aug 2017, 19:23 WIB

Menteri PUPR: Tak Ada Lagi Tol Darurat di Mudik 2018

Niken Widya Yunita - detikFinance
Menteri PUPR: Tak Ada Lagi Tol Darurat di Mudik 2018 Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendapat penghargaan dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperoleh penghargaan dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) karena keberhasilannya dalam penyediaan prasarana dan sarana selama mudik Lebaran 2017. Atas penghargaan ini, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan tidak ada lagi yang darurat saat mudik 2018.

"Untuk jalan tol, mulai dari Brebes hingga Semarang kami menargetkan sudah tidak ada lagi yang bersifat darurat pada mudik 2018. Tetapi untuk jaringan Jalan Tol Trans Jawa, ditargetkan bisa tuntas tersambung setidaknya hingga Surabaya pada akhir 2018. Bahkan mudah-mudahan bisa fungsional hingga Probolinggo," ujar Basuki dalam keterangan tertulis dari Kementerian PUPR, Selasa (2/8/2017).

Penghargaan tersebut disampaikan pada acara Apresiasi Prestasi Penyelenggaraan Lebaran Idul Fitri 2017 1 Syawal 1438 H, di Gedung Krida Bhakti Jakarta, Selasa (1/8/2017). Basuki menerima penghargaan secara langsung dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang didampingi oleh Tim Pengarah UKP-PIP Try Sutrisno dan Ketua UKP-PIP Yudi Latif.

Basuki mengatakan penghargaan ini diterima dengan penuh rasa tanggungjawab oleh seluruh jajaran Kementerian PUPR dalam memberikan layanan infrastruktur jalan dan jembatan. Hal ini untuk menunjang kelancaran transportasi selama mudik Lebaran 2017.

Terkait mudik 2017, Basuki mengatakan, secara umum, arus mudik 2017 lebih baik dibandingkan tahun lalu. Tambahan ruas tol darurat sepanjang 337 kilometer di Pulau Jawa dan 65 kilometer di Pulau Sumatera, ditambah dengan kondisi jalan nasional yang mantap dan dapat dilaluinya empat flyover di Brebes, Jawa Tengah, menjadikan

Sementara untuk Lebaran 2018 yang akan datang, Kementerian PUPR bersama mitra kerja akan berupaya agar kondisi jaringan jalan nasional dan jalan tol semuanya dalam kondisi yang lebih baik.

Sementara itu Yudi mengatakan penghargaan ini diberikan berdasarkan Surat Keputusan UKP-PIP No 1 Tahun 2017 Tentang Kinerja Positif yang telah dilakukan kementerian atau lembaga dan BUMN dalam menjamin pengamanan, pengendalian, dan kelancaran Lebaran 2017.

"Penghargaan ini sudah disiapkan jauh-jauh hari. Penghargaan ini juga diberikan untuk memberikan apresiasi kepada para penyelenggara negara yang sudah bekerja baik. Kita melihat selama proses persiapan dan pelaksanaan mudik Lebaran 2017, semangat gotong royong yang kental, dimana ego sektoral dan kompartementalisme luruh," ujar Yudi.

Ia menambahkan bahwa hal ini menunjukkan bentuk pelembagaan nilai-nilai Pancasila, khususnya sila ke-3 dan ke-5. "Berbagai prestasi dan kebaikan ini harus dihadirkan ke ruang publik," imbuh Yudi.

Selain Basuki, penghargaan serupa juga diterima langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Tito Karnavian, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Dirut PT Jasa Marga Desi Arryani, Dirut Pertamina Elia Massa Manik, serta perwakilan dari Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kominfo, Kementerian Agama, Kementerian Pertanian, PT ASDP Indonesia Ferry, PT PLN dan Perum Bulog.

(nwy/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed