Follow detikFinance
Jumat 04 Aug 2017, 17:41 WIB

Konstruksi Simpang Semanggi Bisa Bertahan Lebih dari 100 Tahun

Dana Aditiasari - detikFinance
Konstruksi Simpang Semanggi Bisa Bertahan Lebih dari 100 Tahun Foto: Dewi Irmasari/ detikcom
Jakarta - Simpang Susun Semanggi mulai diuji coba dilalui kendaraan umum pada Jumat 28 Juli 2017. Kendaraan pun sudah mulai bisa menjajal jalan layang Simpang Susun Semanggi yang memakan biaya Rp 300 miliar tersebut.

Namun, karena sempat membuat Pembina Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Habiburokhman tersasar, jalan layang itu kini mendapat julukan 'Katrok'.

Nyatanya, kualitas infrastruktur ini tak se-'Katrok' julukannya. Kontraktor pelaksana pembangunan jalan layang itu, yakni PT Wijaya Karya, jelas mempersiapkan pekerjaan dengan sangat matang.

Konstruksi jalan layang ini juga telah mendapat pengakuan dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) bahwa jembatan tersebut layak beroperasi, dibuktikan dengan telah terbitnya Sertifikat Layak Fungsi (SLF).

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, infrastruktur ini memiliki umur konstruksi yang panjang.

"Ini didesain usia konstruksinya lebih dari 100 tahun," tutur dia saat dihubungi detikFinance, Jumat (4/8/2017).

Ini, kata Arie, dimungkinkan karena proses pengerjaannya yang menggunakan kombinasi teknologi tinggi.

"Itu proses pembangunan dilakukan dengan sangat presisi. Bayangkan, bagaimana membangun jembatan dengan bentang sepanjang itu dengan bentuk yang melengkung," sebut dia.

Meski demikian, Arie mengimbau agar Pemerintah Provinsi DKI selaku pengelola infrastruktur ini memperhatikan perawatannya. Karena tanpa perawatan yang baik, infrastruktur yang canggih pun bisa rusak.

Arie pun sempat melontarkan apresiasinya terhadap pelaksana proyek tersebut. Pasalnya, dengan bentang tengah yang tidak menggunakan penyangga, lalu lintas di bawahnya tidak terganggu.

"Itu bagus sekali, karena proses pembangunannya bisa berjalan tanpa mengganggu lalu lintas di bawahnya," tandas dia. (dna/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed