Follow detikFinance
Senin 07 Aug 2017, 18:24 WIB

Ini Alasan Pegawai JICT Berhenti Mogok Kerja

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Ini Alasan Pegawai JICT Berhenti Mogok Kerja Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Ratusan pegawai PT Jakarta International Container Terminal (JICT) mengakhiri mogok kerjanya hari ini. Mogok kerja yang rencananya berlangsung hingga 10 Agustus 2017 sejak 3 Agustus 2017 lalu berakhir di hari kelima hari ini.

Sekretaris Jenderal Serikat Pekerja (SP) JICT, Firmansyah mengungkapkan alasan dihentikannya mogok kerja ratusan karyawan guna menjaga kelancaran arus bongkar muat barang di Pelabuhan Tanjung Priok. Sebab, Terminal JICT memegang porsi yang cukup besar terhadap arus bongkar muat barang ekspor dan impor.

"Pertama, atas masukan berbagai pihak terutama pemerintah, kami mengakhiri mogok untuk kepentingan yang lebih luas menjaga kelancaran arus barang," kata Firmansyah saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (7/8/2017).

Meskipun mogok kerja dihentikan hari ini, tuntutan untuk pembatalan perpanjangan kontrak JICT dengan Hutchison Port Holding hingga 2039 akan terus dilakukan. Ia berharap kontrak Hutchison Port Holding di JICT bisa selesai di 2019.

Selain itu, adanya pembayaran rental fee dari JICT kepada Pelindo II sebesar US$ 85 juta per tahun dinilai membuat kesejahteraan karyawan JICT menurun, di antaranya pembayaran bonus pekerja. Akibatnya, pembayaran bonus 2016 jauh berkurang dari yang seharusnya dibayarkan kepada pekerja.

JICT merupakan perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh Pelindo II 48,9%, Koperasi Pegawai 0,10%, dan Hutchison Port Holding (HPH) 51%.

"Terkait perpanjangan kontrak JICT kami konsisten dan pastikan 2019 sahamnya dimiliki 100% nasional," kata Firmansyah.

Pihaknya menyebutkan bahwa sudah mengirimkan surat ke direksi JICT terkait dihentikannya mogok kerja hari ini. Namun, sampai saat ini ia mengaku belum diperbolehkan masuk dan bekerja.

"Sudah normal tapi belum diperbolehkan masuk," ujar Firmansyah. (ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed