Follow detikFinance
Selasa 08 Aug 2017, 15:28 WIB

Selain Daftar Online, Pelamar CPNS Juga Wajib Kirim Berkas

Dana Aditiasari - detikFinance
Selain Daftar Online, Pelamar CPNS Juga Wajib Kirim Berkas Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo
Jakarta - Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali dibuka tahun ini. Pendaftaran dilakukan dilakukan secara online. Namun perlu diketahui, selain mendaftar online, pelamar juga diwajibkan mengirimkan berkas penunjang lamaran.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman menjelaskan, berkas lamawan dikirim melalui PO BOX masing-masing instansi penyedia lowongan. Ini diperlukan untuk memeriksa keaslian berkas.

"Memang saat pendaftaran online itu berkas penunjang diunggah juga secara online. Tapi di situ kan tidak ada autentikasinya. Nah berkas perlu dikirim itu untuk autentikasi," kata dia kepada detikFinance, Selasa (8/8/2017).


detikFinance merangkum tata cara dan daftar berkas yang harus dikirim pelamar melalui PO Box setelah melakukan pendaftaran online. Berikut Rangkumannya:

Untuk lowongan CPNS di Mahkamah Agung, harus menyampaikan surat lamaran tertulis dengan melampirkan beberapa berkas berupa:
  1. Dokumen (print out) Kartu Pendaftaran Registrasi Online,
  2. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000 yang ditujukan kepada Sekretaris Mahkamah Agung RI,
  3. Fotokopi KTP, fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir,
  4. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT,
  5. Pas foto terbaru ukuran 4cm x 6cm sebanyak 4 lembar dengan latar belakang merah dan menuliskan nomor registrasi online dan nama pelamar di belakang foto tersebut.
Seluruh Berkas-berkas tersebut dimasukkan ke dalam amplop coklat dan di sudut kanan atas ditempel potongan nomor pendaftaran registrasi online. Selanjutnya dikirim kepada Panitia Seleksi Penerimaan Calon Hakim MA RI melalui POS dengan PO BOX 2700 Jakarta 10027 paling lambat 26 Agustus 2017 cap pos dan selambat-lambatnya diterima tanggal 31 Agustus 2017.


Adapun untuk pelamar di lingkungan Kemenkumham, pelamar dengan kualifikasi pendidikan D-III dan SLTA, wajib mengirimkan berkas berupa:
  1. surat lamaran yang diketik menggunakan komputer ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM di Jakarta bermaterai Rp 6.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam dengan format surat lamaran yang dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id,
  2. fotokopi KTP, fotokopi ijazah/STTB, fotokopi ijazah SD, ijazah SLTP dan ijazah SLTA,
  3. surat pernyataan bermaterai Rp 6.000, pas foto 3×4 sebanyak 4 lembar bagi kualifikasi Diploma III/D-III dan SLTA/Sederajat,
  4. dan lembar bukti pendaftaran.
Berkas lamaran tersebut dikirim melalui PO BOX dari masing-masing wilayah yang dituju. Daftar alamat PO BOX bisa dilihat di sini.

Apabila terdapat hal-hal yang masih memerlukan penjelasan terkait persyaratan pelamaran tersebut, pelamar dapat menghubungi call center Kementerian Hukum dan HAM yakni (021) 5253004 (ext 310) dan Mahkamah Agung pada nomor 082110891729. (dna/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed