Follow detikFinance
Selasa 08 Aug 2017, 18:05 WIB

Semua Pembayaran Tol Bakal Non Tunai, Jasa Marga Tambah GTO

Danang Sugianto - detikFinance
Semua Pembayaran Tol Bakal Non Tunai, Jasa Marga Tambah GTO Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengaku siap mendukung rencana pemerintah untuk menerapkan pembayaran non tunai di seluruh gerbang tol di Indonesia pada Oktober mendatang.

"Jasa Marga sudah siap untuk mendukung pemerintah melakukan itu (pembayaran tol secara elektronik)," kata AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Heru mengatakan, saat ini dari seluruh gerbang tol yang dimiliki Jasa Marga sudah 47% merupakan gerbang tol yang melayani transaksi non tunai. Pihaknya menargetkan gerbang tol non tunai milik Jasa Marga bisa meningkat 50% dalam waktu dekat.

"Tentu akan kita tingkatkan jumlahnya. Tapi itu kita lakukan secara bertahap. Sejalan menyiapkan SDM-nya," tambah Heru.

Menurut Heru, yang harus dilakukan saat ini sebenarnya lebih melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait rencana tersebut. Sebab kata Heru, percuma jika Gerbang Tol Otomatis (GTO) ditambah namun masyarakat enggan mengubah kebiasaannya.

"Kita tambah berapapun GTO, kalau kebiasaannya belum berubah ya enggak bisa. Untuk kepemilikan GTO kita masih paling besar. Artinya kalau misalnya orang mau beralih meski GTO-nya segitu-segitu aja ya bisa," ujarnya.

Selain itu menurut Heru saat ini juga masih banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa pembayaran tol secara non tunai tidak hanya bisa dilakukan di GTO tapi juga bisa di gerbang tol hrybrid. Sehingga sosialisasi sangat dibutuhkan.

"Tidak hanya di GTO, padahal di gerbang biasa juga bisa," tukasnya. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed