Follow detikFinance
Jumat 11 Aug 2017, 12:30 WIB

Sambut HUT ke-72 RI, Mentan Beri Gajinya ke Tukang Kebun

Niken Widya Yunita - detikFinance
Sambut HUT ke-72 RI, Mentan Beri Gajinya ke Tukang Kebun Mentan Andi Amran Sulaiman (Foto: Dok. Kementan)
Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman memberikan gajinya pada bulan ini kepada tukang kebun Kementerian Pertanian (Kementan) bernama Amun. Bagaimana cara Amun mendapatkan gaji Amran tersebut?

Dalam keterangan tertulis dari Kementan, Jumat (11/8/2017), cara amun mendapatkan gaji Mentan tidaklah cuma-cuma. Amun harus menang lomba minum susu murni yang digelar Kementan.

Acara itu diselenggarakan untuk menyambut HUT-72 Kemerdekaan RI. Kementan mengadakan acara tersebut dengan menggelar acara senam bersama dan mengikuti lomba Festival Pangan Lokal dengan tema 'Tingkatkan Konsumsi Ragam Pangan Lokal Mendukung Kemandirian Pangan' di Kementan, Kamis (8/8/2017).

Awal acara dimulai dengan senam pagi bersama. Kemudian digelar lomba minum susu murni dari botol susu dan terpilihlah 5 pemenang. Juara 1 dimenangkan oleh Amun.

Amun mendapatkan hadiah Rp 19 juta. Nilai tersebut merupakan gaji Amran pada bulan ini sebagai Mentan. Sedangkan juara 2, 3, 4, 5 dan 6 (pensiunan) masing-masing mendapat Rp 5 juta. Total hadiah yang diberikan kepada pemenang lomba susu Rp 44 juta.

"Pemenang pertama lomba minum susu murni ini hadiahnya satu bulan gaji saya," kata Amran.

Setelah memberikan hadiah, Amran sempat berdialog dengan Amun. Amran juga memberikan kaos olah raga kepada Amun.

Setelah memberikan hadiah kepada para pemenang, Amran meminta kepada peserta lomba untuk selalu minum susu agar sehat.

Kemudian Amran mengunjungi lomba Festival Pangan Lokal. Amran meminta masyarakat selalu mempromosikan dan mencintai produk dalam negeri.

"Ada fenomena kalau sudah memberikan oleh-oleh produk impor baik makanan maupun barang lainnya seperti jam rolex, itu terbalik. Mereka bangga dan sudah ingin menunjukkan kepada orang lain," kata Amran.

Amran juga meminta agar produk lokal selalu disajikan saat rapat dan pertemuan. Dia meminta hal tersebut disampaikan ke seluruh dinas pertanian di seluruh Indonesia.

"Saya mengajak seluruh karyawan Kementan dan organisasi wanita untuk mencintai dan selalulah mempromosikan produk lokal. Karena produk kita tidak kalah kualitasnya dengan produk negara lain," tutur Amran.

(nwy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed