Follow detikFinance
Jumat 11 Aug 2017, 15:03 WIB

Sri Mulyani Kumpulkan Ratusan Mahasiswa, Beri Ceramah Pajak

Hendra Kusuma - detikFinance
Sri Mulyani Kumpulkan Ratusan Mahasiswa, Beri Ceramah Pajak Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengundang mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai universitas di Indonesia dengan tujuan memberikan pengetahuan tentang pajak.

Edukasi pajak ini akan diberikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam acara 'Pajak Bertutur' yang diadakan di Auditorium Chakti Budi Bhakti Gedung Mar'ie Muhammad Kantor Ditjen Pajak.

Acara inklusi kesadaran pajak ini dihadiri oleh 380 mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Indonesia, PKN STAN, Perbanas, Bina Nusantara Universty (BINUS), dan STIAMI.

Turut hadir dalam acara ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Ketua Banggar Aziz Syamsuddin, Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi, pejabat eselon I Kementerian Keuangan, serta pejabat di lingkungan Ditjen Pajak.

Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi mengatakan, Menteri Keuangan Sri Mulyani akan memberikan kuliah umum mengenai pajak ke pada seluruh pelajar mulai dari SD hingga Perguruan Tinggi.

"Nanti bu Menteri Keuangan Sri Mulyani akan memberikan kuliah umum," kata Dirjen saat membuka acara Pajak Bertutur, Jakarta, Jumat (10/8/2017).

Ken menyebutkan, acara edukasi sadar akan pajak seharusnya bisa dilakukan sejak 30 tahun lalu, agar pemerintahan saat ini bisa memetik hasil yang baik.

"Acara ini sebenarnya ditujukan semua dari SD sampai perguruan tinggi, karena untuk wajib pajak, seharusnya ini dilakukan 30 tahun yang lalu, sehingga pada saat saya jadi dirjen tidak susah seperti sekarang," tambah dia.

Dia menyebutkan, edukasi soal pajak juga diikuti oleh 120 ribu pelajar mulai dari SD, SMP, SMA, dan para mahasiswa dan mahasiswi di seluruh Indonesia.

Kata dia, setidaknya pada saat kuliah umum Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga bisa melakukan teleconference dengan 11 universitas, mulai di Jawa Barat, Medan, Balikpapan.

"Dari total serentak ini, seluruh SD hingga perguruan tinggi ada 120 ribu pelajar dan mahasiswa," papar dia.

Sri Mulyani Kumpulkan Ratusan Mahasiswa, Beri Ceramah PajakSri Mulyani Kumpulkan Ratusan Mahasiswa, Beri Ceramah Pajak Foto: Hendra Kusuma

Tidak hanya itu, agar acara edukasi ini semakin memberikan hasil yang nyata, Ken memastikan akan menginstruksikan para pegawai pajak untuk mengajar di sekolah-sekolah sekali dalam satu minggu.

"Mungkin nanti selanjutnya, pegawai pajak akan ngajar smeinggu sekali di SD, SMP, SMA, perguruan tinggi dan tidak perlu dibayar, gratis, dan nanti yang ikut belajar dapat pulsa," tukas dia.

Sebelum memberikan edukasi pajak di hadapan mahasiswa, Sri Mulyani telah melakukan teleconference dengan beberapa sokal, baik SD, SMP, maupun SMA yang tersebar di Indonesia. Dengan demikian, edukasi pajak ini diberikan kepada 127 ribu anak-anak sekolah. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed