Follow detikFinance
Jumat 11 Aug 2017, 17:54 WIB

Kejar Setoran Pajak, Sri Mulyani Bakal Sisir Semua Lapak Usaha

Hendra Kusuma - detikFinance
Kejar Setoran Pajak, Sri Mulyani Bakal Sisir Semua Lapak Usaha Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Realisasi penerimaan pajak hingga Juli 2017 telah mencapai Rp 601,1 triliun atau sebesar 46,8% dari target anggaran pendapatan dan belanja negara perubahan (APBN-P) tahun anggaran 2017 yang sebesar Rp 1.283,6 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan, akan menyisir semua sektor potensi pajak guna merealisasikan target pajak dalam APBN.

"Penyisiran apa yang sudah ada di dalam tax amnesty kita hormati, jadi masyarakat silahkan yang sudah merasakan mengikuti akan kita hormati dan tidak perlu khawatir soal itu, kalaupun kita melakukan itu sesuai dengan analisa yang kita lakukan," kata Sri Mulyani di Kantor Pajak Pusat, Jakarta, Jumat (10/8/2017).


Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebutkan, pencarian sumber penerimaan dari data tax amnesty lebih kepada data-data yang memang dianggap masih terdapat potensi pajak namun belum dilaporkan.

"Kita akan terus mengupayakan semester II akan dilakukan penyisiran terhadap sumber-sumber penerimaan negara," jelasnya.


Dengan realisasi penerimaan yang kurang dari 50% ini, kata Sri Mulyani, diperlukan upaya ekstra oleh pemerintah sehingga target yang dicanangkan bisa tercapai, salah satu upaya tersebut dengan menyisir seluruh sumber penerimaan.

"Ekstra effort yang akan dilakukan sama, pertama menurut sektor, pelaku ekonomi, dan melihat data-data pada sektor-sektor yang telah mengalami pemulihan ekonomi dan memiliki kapasitas membayar pajak. Kita akan melakukan secara hati-hati, sehingga ekonomi tidak terganggu dari sisi pertumbuhan namun target penerimaan pajak bisa dicapai," ungkap dia. (mkj/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed