Follow detikFinance
Sabtu 12 Aug 2017, 13:00 WIB

Kepala Bappenas: RI Harus Jadi Negara Maju di 2045

Michael Agustinus - detikFinance
Kepala Bappenas: RI Harus Jadi Negara Maju di 2045 Foto: Maikel Jefriando
Depok - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro, pagi ini menjadi pembicara dalam Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) Universitas Indonesia di Balairung UI, Depok. Bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Bambang memberikan wejangan kepada 8.000 orang mahasiswa baru UI.


Bambang menuturkan bahwa Indonesia saat ini sampai 30 tahun ke depan memiliki bonus demografi, mayoritas penduduk berada dalam usia produktif. Bonus demografi ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Bonus demografi selama 30 tahun dari 2015 sampai 2045 memberikan kesempatan pada Indonesia untuk 'naik kelas' dari negara berpendapatan menengah menjadi negara berpendapatan tinggi.

"Tahun 2045, 100 tahun Indonesia merdeka, adalah saat di mana Indonesia mudah-mudahan naik kelas menjadi negara maju atau negara berpendapatan tinggi. Kalian (mahasiswa baru UI) akan berusia sekitar 40 tahun saat itu, artinya itu usia emas atau usia produktif," kata Bambang di Kampus UI Depok, Sabtu (12/8/2017).

Kepada para mahasiswa, Bambang menitipkan cita-cita Indonesia 2045 itu. Generasi muda harus mengawal supaya kesempatan emas ini jangan sampai disia-siakan, Indonesia harus jadi negara maju pada 2045.


"Kami ingin menitipkan pada kalian semua untuk bisa mengawal agar negara kita akhirnya naik kelas, bisa menyejahterakan masyarakatnya. ini bukan angan-angan, ini tugas buat kalian," tegasnya.

Maka generasi muda harus bekerja keras, memberikan yang terbaik untuk bangsa. "Yang saya harapkan, kalian belajar segiat mungkin, bekerja sekeras mungkin, optimistis terhadap masa depan Indonesia," tutupnya. (mca/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed