Follow detikFinance
Minggu 13 Aug 2017, 12:43 WIB

Berburu Hewan Kurban di Jakarta, Ini Dia Lokasinya

Muhammad Idris - detikFinance
Berburu Hewan Kurban di Jakarta, Ini Dia Lokasinya Hewan Kurban di Jakarta (Foto: Muhammad Idris - detikFinance)
Jakarta - Idul Adha 1438 H masih sekitar 3 pekan lagi, namun sudah banyak masyarakat yang mulai berburu hewan kurban, baik sapi maupun kambing. Di Jakarta, sejumlah lahan kosong mulai beralih fungsi jadi tempat berjualan pedagang hewan kurban musiman. Pencari hewan kurban di ibu kota tak perlu jauh-jauh pergi mencari.

Seperti di Jalan Pramuka, Jakarta Pusat. Sebuah tanah lapangan yang cukup luas dengan semak-semak tinggi yang berada di belakang Pasar Pojok, saat ini telah berubah menjadi kandang sapi sederhana. Ada sekitar 100 ekor sapi yang berada di kandang sederhana dari terpal plastik dan bambu tersebut.

"Alhamdulillah sudah sekitar 70% dari 200 ekor sapi yang sudah dibeli, sudah laku. Tinggal diambil pas hari Lebaran saja, mereka bisa titipkan di sini, harga sudah termasuk pakan rumput sampai hari H," kata Sugiharto kepada detikFinance ditemui di kandangnya, Minggu (13/8/2017).

Tempat penjualan hewan kurban lainnya yang berada di Jakarta Pusat, yakni terletak di tanah kosong pinggiran Jalan Raya Tanah Mas yang berada di Cempaka Putih.

Sementara di Jakarta Timur, beberapa pusat penjualan hewan kurban lainnya juga terdapat di sepanjang Jalan I Gusti Ngurah Rai atau sepanjang Pasar Klender hingga ke Pondok Kopi, Jakarta Timur. Selain penjual kambing yang berjualan setiap hari sepanjang tahun, banyak pula pedagang sapi dan kambing yang membuka lapak sementara yang berjualan khusus selama menjelang Idul Adha.

"Ramainya nanti setelah dua atau tiga minggu sebelum Lebaran. Kalau sekarang masih belum terlalu ramai," ungkap Andi, pedagang kambing di dekat Pasar Klender.

Beberapa tanah kosong di kawasan Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, juga menjadi tempat penjualan sapi kurban, seperti yang berada tak jauh dari Makam Pangeran Jayakarta. Namun beberapa pedagang baru akan mengisinya dengan sapi sekitar 2 minggu sebelum lebaran. Saat ini baru terlihat patok-patok bambu yang dipersiapkan untuk menambat pengikat sapi, beserta tenda-tenda layos. (idr/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed