Follow detikFinance
Senin, 14 Agu 2017 06:49 WIB

Kesuksesan Seorang Wanita di Balik Kepopuleran Logo Android

Tung Desem Waringin - detikFinance
Foto: Reuters/Beck Diefenbach Foto: Reuters/Beck Diefenbach
Jakarta - Tahu teknologi Android? Sistem operasi open source ini begitu mendunia, dan banyak digunakan oleh para pengguna teknologi smartphone. Kepopuleran Android tentu tidak lepas dari tangan perusahaan Google untuk menciptakan inovasi besar di bidang sistem informasi.

Namun, tahukah kalian sosok di balik terciptanya logo Android yang saat ini mendunia? Logo dengan design robot hijau ini ternyata diciptakan oleh seorang wanita bernama Irina Blok. Wanita yang menjadi pencetus logo Android ini mengawali proses pembuatan logo Android bersama timnya di Google pada tahun 2010. Logo yang dibuat sesuai dengan ketepatan penggunaan mobile ini menjadi sangat mendunia dan populer.

Untuk membuat logo Android yang sesuai, Irina mempelajari design dari berbagai film, mainan, dan action figure bertema Sci-fi dan luar angkasa.

Namun ternyata, inspirasi design logo itu muncul dari simbol toilet pria dan wanita pada umumnya. Dengan desain piktogram yang begitu sederhana, simbol toilet bisa menyampaikan pesan universal tentang maksud yang ingin disampaikan.

Setelah terinspirasi dari simbol toilet, Irina mulai berkreasi dengan simbol tersebut. Mencoba menggambarkan berbagai bentuk piktogram, mencoba beragam pilihan warna dan menambahkan antena pada bagian kepala, akhirnya Irina dan rekan-rekannya berhasil menemukan desain logo Android seperti yang kita kenal saat ini.

Irina dan rekan-rekannya di Google memutuskan membuat logo yang bersifat open source dan bisa dimodifikasi oleh siapa pun. Seperti semangat sistem Android yang mengusung konsep open source, logo Android yang bebas dimodifikasi juga diharapkan mampu menjadi salah satu sarana pengembangan kreativitas desain bagi masyarakat dunia. Irina menjelaskan kunci dalam membuat logo secara sukses adalah konsep yang sederhana dan abadi supaya bisa terus diingat oleh orang lain.

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Kasih GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed