Follow detikFinance
Selasa 15 Aug 2017, 14:28 WIB

Orang Kota Lebih Bahagia Dibandingkan di Desa

Hendra Kusuma - detikFinance
Orang Kota Lebih Bahagia Dibandingkan di Desa Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) memastikan orang Indonesia saat ini sudah cukup bahagia jika dilihat dari indeks kebahagiaan Indonesia yang tercatat berada di level 70,69 dari hitungan 0-100.

Namun jika dilihat dari klasifikasinya, ternyata orang kota lebih bahagia dibandingkan dengan orang desa. Kepala BPS Suhariyanto mengatakan indeks kebahagiaan orang di perkotaan 71,64, sedangkan orang desa 69,57.

"Kalau di kota orang lebih bahagia dibanding di desa, kenapa bisa? Jadi di sini orang kota lebih bahagian dengan orang desa dengan catatan yang berbeda," kata Suhariyanto di Kantor BPS Pusat, Jakarta, Selasa (15/8/2017).


Dia menjelaskan, untuk orang kota lebih bahagia dari sisi kepuasaan hidup personalnya yang menyangkut pendidikan, pendapatan, pekerjaan hingga kondisi rumah dan fasilitasnya. Jika dilihat dari indeksnya, untuk kepuasan hidup personal di kota 67,88 sedangkan di desa 63,72.

"Itu yang membuat di kota lebih baik," jelas dia.

Untuk tingkat kebahagiaan orang desa, lebih bahagia dari sisi kepuasan hidup sosialnya di mana lebih dapat bersilaturahmi dengan tetangga, sisi kenyamanan hidup, keamanan.

"Di desa lebih sentuhan personalnya, kalau hubungan sosial dengan tetangga lebih nyaman di lakukan di desa, keamanan juga, kenyamanannya juga lebih nyaman, itu yang menyebabkan," tukas dia. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed