Follow detikFinance
Selasa 15 Aug 2017, 14:50 WIB

Selamat! Jadi Single Paling Bahagia di Indonesia

Hendra Kusuma - detikFinance
Selamat! Jadi Single Paling Bahagia di Indonesia Foto: Thinkstock
Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) memastikan, status single alias lajang menjadi orang paling bahagia di Indonesia. Hal tersebut berdasarkan indeks kebahagiaan Indonesia menurut karakteristik di 2017.

Kepala BPS Suhariyanto menyebutkan total indeks kebahagiaan Indonesia berada di angka 70,69 dari angka 0-100. Jika dirinci berdasarkan karakteristik maka orang yang belum menikah dipastikan paling bahagia dengan angka 71,53.

"Yang menarik dari status perkawinannya itu single, jadi bahagialah yang paling single di sini," kata Suhariyanto di Kantor BPS Pusat, Jakarta, Selasa (15/8/2017).


Sedangkan untuk yang paling tidak bahagia berdasarkan status perkawinan adalah orang-orang yang mengalami cerai hidup di mana angkanya 67,83.

"Yang paling tidak bahagia itu cerai hidup, dia sudah cerai melihat mantannya ke sana kemari melihat mantannya digandeng jadi tidak bahagia, kalau boleh pilih lebih baik cerai mati, bisa dilihat yang paling bahagia single, yang paling tidak bahagia itu cerai hidup," tegas dia.

Lanjut Suhariyanto, jika dilihat dari perjalanannya, belum menikah atau single ini menempati posisi kebahagiaan yang paling tinggi dari sisi kepuasan hidup personal maupun kepuasan hidup sosial dibandingkan yang sudah menikah.

"Paling bahagia single, habis itu dia menikah kebahagiaannya menurun, kemudian dia cerai hidup, itu tadi terganggu mantannya kemana jadi tidak happy, kemudian cerai mati, jadi paling bahagia adalah single," kata dia.


Pria yang akrab disapa Kecuk ini menyebutkan, jika dilihat dari indeks kebahagiaan berdasarkan jenis kelamin, di mana laki-laki merupakan yang paling bahagia dengan angka 71,12 dibandingkan perempuan yang hanya berada di angka 70,30, dan ini tidak berubah sejak 2012.

"Kalau perempuan itu karena pemikirannya jauh lebih matang, lebih teliti, semua dipikirkan, kalau laki-laki kan cuek bebek yah, banyak penelitian, jadi kalau laki-laki bahagia ini menunjukan lebih bahagia dibanding perempuan," ungkap dia. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed