Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 15 Agu 2017 18:33 WIB

Dubes AS Temui Jokowi, Bahas E-Commerce Hingga Freeport

Bagus Prihantoro Nugroho - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan hari ini menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Trikasih Lembong, yang turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut menjelaskan ada dua hal utama yang dibahas.

Pertama, kata Lembong, adalah industri e-commerce dan industri-industri berbasis internet.

"Mereka (AS) kan kuat di bisnis digital. Kan kita semua tahu, jutaan warga kita memakai gmail, gmaps. Kita tahu ada triliunan rupiah modal masuk ke gojek, grab, traveloka, ya unicorn, mereka gencar sekali, arus modal AS ke unicorn-unicorn ini," kata Lembong, Selasa (15/8/2017).

Perihal industri e-commerce ini, Dubes AS mengharapkan agar Indonesia lebih terbuka dalam memanfaatkan internet untuk kepentingan industri.

"Sejauh ini itu kan konsisten dengan arahan Presiden juga, agar bertujuan dua hal, open dan competition. Kita harus membuka diri terhadap persaingan sehingga kita terpacu untuk bersaing dan meningkatkan daya saing," tambah Lembong.

Masalah kedua yang dibahas dalam pertemuan tersebut, Lanjut Lembong, adalah perihal negosiasi kontrak Freeport dengan pemerintah Indonesia. Meski demikian, lanjut dia, tak ada keputusan yang diambil dalam pertemuan tersebut. Seluruh komunikasi yang dilakukan hanya sebatas diskusi.

"Sempat disentuh (soal Freeport), hanya sambil lewat, sekilas," tandas dia. (dna/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed