Follow detikFinance
Rabu 16 Aug 2017, 19:14 WIB

Daerah-daerah Ini Serempak Panen Raya Cabai

Citra Fitri Mardiana - detikFinance
Daerah-daerah Ini Serempak Panen Raya Cabai Foto: Imam Suripto
Jakarta - Harga cabai sedang turun. Di Pasar Kramat Jati, harga cabai turun di kisaran Rp 10.000-Rp 13.000/kilogram (kg). Padahal sebelumnya, harga cabai berada di kisaran Rp 20.000-30.000/kg.

Lantas, kenapa harga cabai turun? Menurut Dwi, seorang pedagang cabai di Pasar Induk Kramat Jati harga cabai turun karena daerah-daerah penghasil cabai sedang panen raya.

"Lagi panen raya di Jawa, jadi pasokan berlimpah, harga murah," kata Dwi kepada detikFinance saat ditemui di lapak dagangannya, Rabu (16/8/2017).

Menurutnya waktu tanam para petani cabai yang hampir berbarengan membuat masa panen menjadi bersamaan. Begitu juga dengan cuaca di sejumlah wilayah Jawa yang saat ini cukup mendukung, sehingga cabai tumbuh subur hingga panen.


"Di daerah-daerah cuaca sekarang lagi mendukung kan. Kalau beberapa bulan lalu petani-petani sempat gagal panen karena cuaca buruk. Habis itu cuaca agak bagus mereka mulai nanam semua. Jadilah sekarang waktunya panen bareng-bareng," ujar Dwi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikFinance dari para pedagang, melimpahnya pasokan cabai lantaran panen raya yang terjadi di sejumlah daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.


Panen cabai juga terjadi di daerah Garut dan Tasikmalaya. Sementara di Jawa Tengah, panen cabai berlangsung di Muntilan dan Magelang. Sedangkan panen cabai Jawa Timur berlangsung di Malang, Trenggalek, Banyuwangi, Blitar.

"Lagi musim panen cabai di Jatim, Jateng, Jabar," ujar pedagang cabai lainnya bernama Agus. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed