Follow detikFinance
Senin 21 Aug 2017, 19:54 WIB

Tiru China dan India, Kepala Bappenas Ajak Diaspora Bangun Ekonomi RI

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Tiru China dan India, Kepala Bappenas Ajak Diaspora Bangun Ekonomi RI Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menginginkan jutaan diaspora Indonesia yang ada di beberapa negara bisa meningkatkan perekonomian Indonesia. Bambang mencontohkan bagaimana China dan India melakukan hal ini untuk meningkatkan perekonomian negaranya.

"India menggunakan jaringan diaspora pengusaha India yang bergerak di sektor IT dan segala macam. Sehingga sekarang perusahaan-perusahaan India ini masuk dalam jajaran top di antara negara-negara G-20. China juga banyak warganya yang tersebar di banyak negara," kata Bambang di JS Luwansa, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2017).

Indonesia juga bisa mencontoh Korea Selatan di mana produk negaranya bisa merajai negara-negara di dunia. Bambang menjelaskan beberapa produk elektronik terkenal dunia seperti Samsung dan LG merupakan produk buatan Korea Selatan yang banyak digunakan penduduk dunia.

"Bahkan kalau kita lihat televisi kini banyak buatan Samsung atau LG," ujar Bambang.

Dengan keterlibatan diaspora dalam pembangunan ekonomi Indonesia, lanjut Bambang, maka perekonomian dalam negeri bisa tumbuh lebih tinggi lagi. Bantuan dari diaspora Indonesia bisa dilakukan melalui inovasi, penelitian dan kewirausahaan. Sehingga ada diharapkan menggenjot investasi asing ke dalam negeri.

"Entrepreneurship ini diharapkan yang membawa investasi asing ke Indonesia," tutur Bambang. (ara/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed