Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 30 Agu 2017 17:32 WIB

Telkom Tanggung Kerugian Gangguan Layanan Satelit Telkom 1

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) akan menanggung seluruh kerugian akibat gangguan layanan yang diakibatkan dari satelit Telkom 1. Satelit Telkom 1 digunakan oleh 63 pelanggan dengan lebih dari 15.000 site.

Kesepakatan ganti rugi tersebut tertuang dalam kerja sama yang dilakukan antara Telkom dengan pengguna jasa akhir alias end user dan penyedia jasa ke pihak lain atau VSAT.

"Any cost maksudnya adalah cost yang harus kami tanggung supaya layanan segera pulih. Kalau ada kerugian pelanggan, kami dengan pelanggan punya kontrak service guarantee," tutur Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga dalam jumpa pers di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2017).

Telkom saat ini pun tengah berupaya meulihkan layanan pelanggan dengan melakukan repointing atau migrasi dari satelit Telkom 1 ke satelit Telkom 2, Telkom 3S, Apstar, dan Chinasat.

Kerugian dialami perbankan pun akan ditanggung oleh Telkom melalui penyedia jasa atau VSAT.

"Sebetulnya mereka (bank) bukan pelanggan Telkom secara langsung, tapi kami ikut. Kami katakan kepada para VSAT provider semua biaya repointing kami tanggung," ujar Alex.

Sampai saat ini pihaknya masih menelusuri anomali yang terjadi pada satelit Telkom 1. Telkom pun menggandeng pabrikan satelit, Lockheed Martin untuk memastikan penyebab anomali tersebut.

Pihaknya kini tengah fokus merampungkan migrasi pelanggan ke 4 satelit lainnya.

"Penyebabnya masih didalami para expert-expert (ahli) baik di Telkom, maupun Lockheed Martin," tutup Alex.

(ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed