Follow detikFinance
Kamis 31 Aug 2017, 13:19 WIB

Belanja Oleh-Oleh Haji di Tanah Abang Perlu Siapkan Duit Berapa?

Fadhly F Rachman - detikFinance
Belanja Oleh-Oleh Haji di Tanah Abang Perlu Siapkan Duit Berapa? Foto: Fadhly F Rachman-detikFinance
Jakarta - Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat menjadi salah satu pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Tanah Suci. Berbagai barang impor pernak-pernik haji bisa mudah dicari di kawasan tersebut.

Mulai dari kurma, kismis, sajadah, air zam-zam, hingga kosmetik untuk oleh-oleh haji tersedia di Pasar Tanah Abang. Harganya pun beragam tergantung impor setiap negara.

Untuk buah kurma, yang didatangkan dari Arab Saudi memiliki harga yang lebih tinggi. Kurma itu bisa disebut dengan Kurma Nabi, harganya sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 380 ribu/kilogram (kg). Ada juga dari Amerika Serikat (AS), harganya sekitar Rp 200 ribu/kg.

Bila ingin cari yang lebih murah, kurma asal Iran atau Tunisia bisa menjadi pilihan. Harganya kisaran Rp 50 ribu hingga Rp 65 ribu/kg.

"Kalau Kurma Nabi memang mahal karena kualitasnya lebih bagus, tapi kalau mau cari yang murah biasanya pilih yanh Iran," ungkap Ramzi, salah seorang pemilik toko oleh-oleh haji di Pasar Tanah Abang saat berbincang dengan detikFinance, Jakarta, Kamis (31/8/2017).

Selain kurma, kismis juga kerap menjadi pilihan untuk oleh-oleh haji. Kismis yang ditawarkan ada dari Iran, harganya berkisar Rp 60 ribu hingga Rp 80 ribu/kg.

Selain itu, sajadah juga biasanya banyak dibeli sebagai buah tangan. Sajadah yang ada pun merupakan hasil impor dari Turki bahkan China. Harganya pun beragam.

"Kalau dari Turki kualitasnya tinggi, harganya mahal kalau sekodi ada yang Rp 650 ribu bisa sampai Rp 4 jutaan sekodi. Kalau China mulai dari Rp 350 ribu - Rp 700 ribu sekodi, lebih murah karena beda bahannya," terangnya.

Sementara untuk air zam-zam asli Arab Saudi dijual dalam kemasan galon berukuran 5 liter didatangkan langsung dari Arab Saudi. Dirinya pun menjamin bahwa air zam-zam yang dijual adalah produk asli. Harganya Rp 500 ribu/kg.

Untuk kosmetik seperti lipstik Arab dibanderol dengan harga sekitar Rp 30 - 50 ribu per setengah lusin. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed