Follow detikFinance
Minggu, 03 Sep 2017 12:52 WIB

Lebih Murah Pakai Wedding Consultant Kayak Raisa, Apa Urus Sendiri?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Dok. Bridestory/David Salim Photography Foto: Dok. Bridestory/David Salim Photography
Jakarta - Melangsungkan pernikahan dengan harga murah menjadi pilihan bagi hampir seluruh calon pengantin. Namun, selain harga yang murah, mereka juga umumnya menginginkan kualitas akad dan resepsi yang berkesan.

Calon pengantin pun bisa memilih menggunakan wedding consultant yang merupakan jasa untuk mengurus acara pernikahannya satu per satu, mulai dari sewa gedung, catering, hingga jasa foto.

Seperti Raisa dan Hamish Daud yang tepat pada hari ini melangsungkan pernikahan. Keduanya juga menggunakan jasa wedding consultant.

Lalu lebih murah mana, mengurus pernikahan sendiri atau mempercayakan pada jasa wedding consultant atau wedding organizer?

Sagaf Basry, General Manager BRP Ballroom mengungkapkan uang yang dikeluarkan akan lebih banyak jika calon pengantin mengurus akad dan resepsi pernikahan satu per satu. Pasalnya, calon pengantin harus mengurus berbagai perlengkapan acara seperti sewa gedung pernikahan, pakaian, foto, hingga catering dengan harga yang normal.

Sedangkan, jika mempercayakan pada jasa wedding consultant uang yang dikeluarkan bisa lebih murah, lantaran sudah adanya kontrak dengan jasa catering, gedung pernikahan dan lainnya yang diperkirakan lebih murah.

"Kita punya harga yang sudah kita nego dengan vendor-vendor kita. Harga dibandingkan cari sendiri itu gedung di sini, catering di sini, dihitung sendiri itu jauh lebih besar," tutur Sagaf saat berbincang dengan detikFinance, Jakarta, Minggu (3/9/2017).

Dengan mempercayakan pernikahan kepada wedding consultant juga menguntungkan bagi calon pengantin yang sama-sama sibuk dengan pekerjaan sehari-hari mereka. Jasa wedding consultant bisa menjadi pilihan bagi mereka.

"Kemudian pengantin itu enggak pusing, apalagi sama-sama enggak ada waktu, sama-sama kerja," ujar Sagaf.

Ia juga mengungkapkan bahwa bisnisnya tidak mengambil keuntungan dari masing-masing vendor dengan jumlah yang besar. Sehingga harga yang ditawarkan jika dihitung terpisah bisa lebih murah.

"Kita ambil selisih (keuntungan) sedikit-sedikit," kata Sagaf.

BRP Ballroom sendiri menawarkan harga paket pernikahan mulai dari Rp 140 juta hingga Rp 200 jutaan, tergantung banyaknya undangan. Harga tersebut sudah termasuk catering, pakaian adat, foto, pelaminan, hingga entertainment yang ditampilkan saat resepsi.

Untuk resepsi di Sucofindo sendiri, BRP menawarkan harga mulai dari Rp 144 juta untuk 500 undangan, Rp 161 juta untuk 800 undangan, dan Rp 203 juta untuk 1.000 undangan.

Untuk di Sovereign Plaza, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 143 juta-Rp 190 juta. Di Smesco Nareswara mulai dari Rp 163 juta-Rp 229 juta, dan di Smesco Convention Hall mulai dari Rp 220-Rp 277 juta. (ara/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed