Follow detikFinance
Senin 04 Sep 2017, 12:36 WIB

Agustus Deflasi, BPS: Ini Prestasi Pemerintah

Hendra Kusuma - detikFinance
Agustus Deflasi, BPS: Ini Prestasi Pemerintah Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, angka deflasi 0,07% pada Agustus 2017 merupakan suatu prestasi pemerintah.

Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto, mengatakan deflasi menjadi prestasi pemerintah karena berhasil menjaga harga-harga komoditas, apalagi terjadi inflasi di bulan-bulan sebelumnya yang cukup tinggi.

"Saya akan bilang bahwa terjadinya deflasi bahan makanan tahun ini prestasi pemerintah," kata Suhariyanto di kantor BPS, Jakarta, Senin (4/9/2017).

Menurut Suhariyanto, harga-harga pangan bergejolak yang dapat dikendalikan melalui kebijakan-kebijakan pemerintah dari Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian.

"Karena kalau tidak ada kebijakan pemerintah, harga bahan makanan pasti akan bergerak liar seperti bulan sebelumnya, deflasi 0,67% itu prestasi pemerintah," ungkap dia.

Pria yang akrab disapa Kecuk ini berharap, hingga akhir tahun laju inflasi akan sesuai dengar target yang telah di pasang pemerintah pada APBNP 2017 sekitar 4%.

"BPS enggak buat prediksi. Tentu harapan kita sampe akhir tahun, saya optimistis target kita akan tercapai. Dan saya bilang pattern-nya lebih mengikuti 2015. Tapi hati-hati di bulan Desember ada natal dan liburan karena ada kenaikan (harga)," tukas dia. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed