Follow detikFinance
Kamis 07 Sep 2017, 17:03 WIB

Kemenhub Minta N219 Dimodifikasi Jadi Pesawat Amfibi

Muhammad Idris - detikFinance
Kemenhub Minta N219 Dimodifikasi Jadi Pesawat Amfibi Foto: Wisma Putra
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah melakukan serangkaian tes untuk pesawat baru yang dikembangkan PT Dirgantara Indonesia (Persero) yakni N219. Uji tersebut dilakukan untuk memastikan pesawat made in Bandung itu layak terbang dan diproduksi massal.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Agus Santoso, mengungkapkan pihaknya mengusulkan agar pesawat dimodifikasi menjadi model amfibi atau bisa lepas landas di perairan. Alasannya, agar bisa menjangkau pulau-pulau kecil di Indonesia.

"Kami usulkan PTDI bisa modifikasi N219 menjadi pesawat amfibi. Indonesia kan mayoritas luas wilayahnya perairan, banyak pulau-pulau kecil, jadi ini bisa merangkai semua pulau ini," kata Agus di Kemenhub, Jakarta, Kamis (7/9/2017).


Menurut dia, pihaknya mengapresiasi pesawat buatan PT DI itu lantaran bisa lepas landas dari run way yang panjangnya 500 meter. Jenis pesawat tersebut sangat cocok untuk penerbangan antar pulau sesuai karakteristik Indonesia.

Agus menjelaskan, saat ini pesawat N219 tengah menjalani 3 tes yang meliputi tes penerbangan (flight test) selama 500-600 jam. Tes olah gerak (static test) untuk menguji sejauh mana pesawat ini mampu menahan beban maksimal, dan ketahanan tekanan (fatigue test) untuk mengukur seberapa panjang usia ekonomis pesawat.

"Dulu waktu CN235 dan N250, orang-orang PT DI yang berbondong-bondong ke Kementerian Perhubungan untuk mendapatkan pendampingan, tapi kali ini kita yang ke Bandung secara rutin. Kita yang datang ke Bandung," pungkas Agus.

(idr/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed