Follow detikFinance
Jumat 08 Sep 2017, 17:55 WIB

Bayar Non Tunai di Tol 31 Oktober, Jangan Last Minute Beli e-Money

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Bayar Non Tunai di Tol 31 Oktober, Jangan Last Minute Beli e-Money Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Masyarakat diimbau mulai membeli dan memakai uang elektronik alias kartu untuk bertransaksi di gerbang tol. Jangan sampai membeli kartu tol diujung waktu alias last minute saat transaksi non tunai di tol berlaku sepenuhnya 31 Oktober 2017.

Budaya menunda tersebut membuat masyarakat cenderung panik dan langsung membeli kartu dengan jumlah lebih dari seharusnya sehingga bisa menimbulkan ketidakcocokan pada suplai dan permintaan kartu.

"Masyarakat kita biasanya suka yang last minute. Tidak tertutup kemungkinan ada masyarakat yang beli dua atau tiga kartu tapi mobilnya cuma satu. Padahal kita hitung jumlah kartu dari jumlah kendaraan. Makanya masyarakat diminta untuk tidak ikuti pola last minute," kata pengamat sekaligus pendiri Rumah Perubahan, Rhenald Kasali dalam jumpa pers di kantor pusat Jasa Marga, Jakarta, Jumat (8/9/2017).


"Karena kalau tidak dididik hari ini, maka dapat diperkirakan akan banyak terjadi komplain. Segala sesuatu pasti bisa terjadi berjalan mulus. Makanya harus dimulai untuk melakukan perbaikan," tegas Rhenald.

Hal ini diamini dari sisi perbankan sebagai penyedia kartu. Vice President Digital Banking and Financial Inclusion Bank Mandiri, Nandan Sandaya mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan badan usaha jalan tol untuk mempersiapkan pembayaran agar bisa dilakukan multibank atau semua kartu.


Hal-hal yang dilakukan mulai dari pengadaan kartu, processing kartu, dan memperbanyak sarana top up untuk isi ulang hingga memastikan sarana top up tidak terjadi kegagalan dan permasalahan sistem saat isi ulang.

Ini memastikan bahwa saat ini yang dibutuhkan adalah partisipasi dari masyarakat.

"Jadi pelanggan jangan beli uang elektronik saat last minute tapi mulai dari sekarang. Supaya tidak ada chaos di bulan Oktober nanti," pungkasnya. (eds/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed