Follow detikFinance
Sabtu 09 Sep 2017, 08:14 WIB

Berjasa Tidak Harus Selalu Populer

Tung Desem Waringin - detikFinance
Berjasa Tidak Harus Selalu Populer Foto: BBC Magazine
Jakarta - SMS, kedengarannya memang sekarang kita sudah jarang sekali menggunakan aplikasi SMS sebagai sarana kita berkomunikasi jarak jauh dengan chatting.

Tapi sadarkah Anda bahwa berasal dari SMS lah teknologi chat yang saat ini popular seperti WhatsApp, Line, dan sebagainya bermunculan.

Pernahkah kalian terpikirkan untuk mencari tahu siapa orang di balik munculnya aplikasi SMS ini? Kalian pasti sudah tahu siapa itu Alexander Graham Bell, dan bagaimana ia bisa menciptakan telepon yang saat ini sudah semakin berkembang pesat menjadi ponsel seluler yang cerdas.

Namun, Anda tidak pernah tahu orang di balik terciptanya SMS ini. Matti Makkonen, mencetuskan idenya di tahun 1984 tentang pesan tertulis di telepon seluler.

Terciptanya aplikasi SMS oleh seorang yang akrab disapa Makkonen ini tak membuat dirinya tinggi hati. Bahkan ia tak mengungkapkan ialah orang yang menciptakan aplikasi SMS ini.

Baginya, terciptanya aplikasi SMS ini bukanlah oleh dirinya sendiri. Melainkan ada orang-orang yang turut membantunya di dalam menciptakan aplikasi SMS ini.

Friedhelm Hillebrand dan Bernard Ghillebaert adalah dua orang yang bekerja sama dengan Makkonen dan menemukan prinsip 'pesan sepanjang 160 karakter' untuk diterapkan pada teknologi SMS.

Makkonen juga menyatakan, Nokia adalah pihak penting lainnya yang mewujudkan ide teknologi SMS tersebut untuk ditampilkan pada teknologi telepon seluler.

Nokia memang menjadi perusahaan pertama yang memproduksi telepon seluler dengan kemampuan teknologi SMS yang saat itu belum dikenal banyak orang.

Maka tak heran memang jika tidak banyak orang yang tau akan identitas dirinya sebagai dalang di balik terciptanya aplikasi SMS ini. Sebagai sosok inspiratif yang berhasil menemukan teknologi SMS, Makkonen bukanlah orang yang haus akan popularitas.

Makkonen sendiri menganggap kesuksesan dalam menemukan teknologi SMS bukanlah kesuksesan pribadinya, melainkan hasil yang gemilang dari kerjasama antar banyak pihak.

Salah satu kutipan terkenal dari Matti Makkonen yang tidak pernah dibukukan berbunyi 'The sun rays do not burn until brought to a focus' yang artinya 'sinar matahari tidak akan berhasil membakar sesuatu jika tidak menemukan titik fokus yang tepat'.

Kutipan yang menginspirasi bagi setiap orang yang membacanya untuk terus fokus terhadap tujuan hidupnya.

Itulah kisah sukses Matti Makkonen. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca.

Bagaimana Kaya Secara Aman di Tahun 2017 ke 2018 ini? Ada 5 Jurus Kecerdasan Keuangan yang Selalu Saya Share di Seminar. Saya Rangkuman Kepada Anda Dalam eBook.

Seperti Anda Tahu Seminar Financial Revolution dari Saya, Tiketnya Seharga Rp 580.000 sampai dengan Rp 1.500.000. Sekarang rangkumannya bisa Anda Baca untuk pembaca setia detikFinance akan GRATIS. Silakan Download Rangkumannya Sekarang, Klik di Sini. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed