Follow detikFinance
Sabtu 09 Sep 2017, 23:47 WIB

Ruas Tol Mojokerto-Kertosono Diresmikan Jokowi Besok

Enggran Eko Budianto - detikFinance
Ruas Tol Mojokerto-Kertosono Diresmikan Jokowi Besok Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Ruas tol Mojokerto-Kertosono sepanjang 40,5 km akhirnya tersambung sepenuhnya. Itu setelah konstruksi di seksi 2 dan 4 tuntas. Pengoperasian ruas tol ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Konstruksi di seksi 2 dan 4 sudah 100%, serah terima dari kontraktor ke PT MHI 21 Agustus lalu," kata Humas PT Marga Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) Dela Rosita saat dihubungi detikFinance, Sabtu (9/9/2017).

Selain menuntaskan konstruksi, lanjut Dela, PT MHI selaku pemegang hak konsesi tol Mojokerto-Kertosono sudah menuntaskan pemasangan rambu-rambu lalu lintas dan penerangan jalan di sepanjang seksi 2 dan 4. Hanya saja PJU dipasang di titik-titik tertentu, seperti simpang susun, rest area dan gerbang tol.

"Deliniator di sepanjang jalan sudah terpasang. Kalau PJU hanya di beberapa titik karena ini tol provinsi lampu tak diharuskan di semua titik," ujarnya.

Humas PT Astra Infrastruktur induk perusahaan PT MHI Danik Irawati menuturkan, pengoperasian ruas tol Mojokerto-Kertosono menyusul telah keluarnya sertifikat layak operasi dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Jalan bebas hambatan bagian dari tol Trans Jawa ini besok, Minggu (10/9/2017) akan diresmikan oleh Jokowi.

"Rencananya peresmian di Desa Tampingmojo, Tembelang, Jombang di bawah simpang susun, tapi masih menunggu kepastian," tandasnya.

Ruas Tol Mojokerto-Kertosono sepanjang 40,5 km terbagi dalam 4 seksi. Selama ini hanya seksi 1 dan 3 yang telah dioperasikan. Seksi 1 sepanjang 14,7 km dioperasikan sejak Oktober 2014. Bagian ini menghubungkan Bandar Kedungmulyo dengan Tembelang Kabupaten Jombang.

Seksi 3 sepanjang 5 km antara Desa Kemantren-Kecamatan Gedeg hingga Desa Canggu-Kecamatan Jetis, dioperasikan Desember 2016. Ruas tol ini terkoneksi dengan seksi 4 tol Surabaya-Mojokerto (Sumo).

Sementara seksi 2 dan 4 baru selesai pembangunannya. Seksi 2 sepanjang 19,9 km membentang antara Desa Kedunglosari-Tembelang-Jombang hingga Desa Pageruyung-Gedeg-Kabupaten Mojokerto. Sementara seksi 4 yang menjadi penghubung dengan tol Solo-Kertosono, membentang antara Desa Gondangmanis hingga Brodot di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang.

Ruas Tol Mojokerto-Kertosono Diresmikan Jokowi BesokFoto: Enggran Eko Budianto
(ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed