Follow detikFinance
Senin 11 Sep 2017, 11:58 WIB

Berapa Nilai Minimal Supaya Lolos Seleksi CPNS?

Dana Aditiasari, Dana Aditiasari - detikFinance
Berapa Nilai Minimal Supaya Lolos Seleksi CPNS? Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo
Jakarta - Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2017 bakal dilaksanakan mulai 11-16 September 2017 besok.

Ujian SKD CPNS yang menggunakan sistem Ujian Computer Assisted Test atau yang lebih akrab dikenal dengan sistem CAT akan dilaksanakan di masing-masing Kantor Wilayah Kemenkum HAM tiap Provinsi seluruh Indonesia.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman, mengatakan dengan ujian menggunakan komputer, para pelamar CPNS bisa langsung mengetahui nilai hasil tesnya langsung di hari yang sama dengan hari pelaksanaan tes.

"Transparan, saat itu tes, saat itu hasilnya kelihatan," kata dia saat dihubungi detikFinance, Senin (11/9/2017).

Dengan nilai yang dimiliki, para pelamar bisa langsung mencocokkan dengan passing grade yang sudah ditetapkan. Bila nilai hasil tes lebih rendah dari passing grade, maka pelamar yang bersangkutan akan otomatis gugur.

Berdasarkan Peraturan menteri PAN-RB 22-2017, telah ditetapkan passing grade untuk masing-masing tes dengan rincian:
  • TWK (Tes Wawasan Kebangsaan): 75
  • TIU (Tes Intelegensi Umum): 80
  • TKP (Tes Karakter Pribadi): 143
"Kalau enggak memenuhi passing grade ya enggak lulus. Jadi enggak bisa titip, karena nilainya langsung kelihatan," tandas dia.

Passing grade ini berlaku bukan hanya untuk seleksi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM saja, tetapi juga seluruh pelaksanaan seleksi CPNS yang dibuka tahun 2017 ini. (dna/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed