Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Sep 2017 14:48 WIB

Rel Ganda Bogor-Sukabumi-Bandung Dibangun November 2017

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ilustrasi Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Proyek jalur kereta api ganda (double track) di rute Bogor-Sukabumi-Bandung segera dimulai. Targetnya pembangunan dimulai 10 November 2017.

Menurut Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, proyek ini akan dibicarakan terlebih dahulu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Double track ini akan bangun segera tahun ini, oleh karenanya kita akan kolaborasi dengan para pengembang untuk membangun itu sesuai dengan rencana presiden tahun ini mulainya, tanggalnya kita usulkan 10 November tapi nanti kita akan bicarakan," kata Budi Karya di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Dirinya juga mengatakan, pembangunan dengan nilai sekitar Rp 400 miliar ini nantinya akan dibuat menjadi lebih efisiensi dari yang sudah ada.

"Yang penting dari double track itu yang pertama kali ialah bagaimana kita mengurangi kelandaian, kedua mengurangi tikungan supaya kecepatan lebih tinggi," sambung dia.

Tak hanya itu, Budi Karya juga meminta kepada Menteri BUMN, Rini Soemarno untuk dapat membangun kawasan komersil Transit Oriented Development (TOD) di jalur tersebut. Menurutnya, pembangunan TOD memiliki dampak signifikan, selain menyelesaikan kemacetan, mengefisiensikan ruang kota, dan mengatur gerak masyarakat.

"Kita banyak stasiun setelah Bogor, bisa dibuatkan TOD baru. saya minta Ibu Menteri bisa menunjuk siapa pun BUMN membangun ini," katanya. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com