Follow detikFinance
Selasa 12 Sep 2017, 12:17 WIB

Yuk, Bandingkan Waktu Tempuh Kereta Kencang JKT-SBY dengan Pesawat

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Yuk, Bandingkan Waktu Tempuh Kereta Kencang JKT-SBY dengan Pesawat Foto: Suparno
Jakarta - Waktu tempuh kereta kencang Jakarta-Surabaya diperkirakan bisa menyaingi waktu tempuh pesawat dengan jarak yang sama. Waktu tempuh menggunakan pesawat dari Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten sekitar 1 jam 30 menit, sedangkan jika menggunakan kereta kencang nantinya selama kurang dari 5 jam.

Direktur Pusat Teknologi Sistem dan Prasarana Transportasi BPPT, Rizqon Fajar mengatakan, untuk menempuh waktu kurang dari 5 jam, maka kecepatan kereta harus didesain minimal 160 kilometer per jam. Dengan demikian waktu tempuh dari rumah ke tempat tujuan bisa bersaing dengan pesawat.

"Kecepatan rata-rata 160 km per jam minimal. Waktu tempuh pasti lebih lambat dari pesawat lah, tapi waktu door to door dari tempat asal ke tujuan bisa sama ata minimal bersaing dengan pesawat," ujar Rizqon, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Lebih jauh, Rizqon menjelaskan, waktu tempuh menuju Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten dari rumah atau pusat kota Jakarta juga perlu diperhitungkan, belum lagi jika jalan tol macet di tengah perjalanan menuju bandara.

Perjalanan ke bandara kemudian diakumulasikan dengan waktu tempuh pesawat dari Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten menuju Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo, 20 km sebelah selatan Surabaya. Tak berhenti di situ, penumpang pun perlu melanjutkan perjalanan ke pusat Kota Surabaya jika tujuannya ke pusat kota.

"Misalnya waktu terbang Jakarta-Surabaya cuma 1 jam, namun waktu total dari rumah ke tujuan bisa 4-5 jam," ujar Rizqon.

Sedangkan, jika menggunakan kereta kencang nantinya penumpang memiliki akses stasiun di pusat kota antara Stasiun Gambir atau Stasiun Manggarai dan tiba di tengah kota Surabaya yang dekat dengan tujuan.

"Stasiun kereta kan di pusat kota sehingga akses ke tujuan dekat," tutup Rizqon. (ara/mca)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed