Follow detikFinance
Selasa 12 Sep 2017, 19:25 WIB

RI Dilanda Kemarau, Jokowi Minta Stok Pangan Dijaga

Hendra Kusuma - detikFinance
RI Dilanda Kemarau, Jokowi Minta Stok Pangan Dijaga Foto: Muhammad Iqbal
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada seluruh pejabat negara baik pusat maupun daerah untuk menjaga stok pangan di masing-masing daerah yang terdampak musim kemarau.

Hal tersebut diungkapkannya pada saat membuka rapat terbatas (ratas) terkait dengan penanggulangan bencana kekeringan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

"Saya juga minta diantisipasi ketersediaan stok bahan pangan di beberapa daerah sehingga tidak mengalami kelangkaan dan stabilitas harga bisa terjaga," kata Jokowi.

Saat membuka ratas, Jokowi mengaku telah mendapatkan laporan dari BMKG bahwa kekeringan di 2017 ini tidak seperti 2015 saat ada el nino. Walaupun demikian, kata dia, terdapat beberapa daerah yang sudah tidak mengalami hujan berturut-turut lebih dari 60 hari atau lebih dari 2 bulan, bahkan sebagian daerah tersebut seperti di Pulau Jawa saat ini sedang mengalami puncak musim kemarau.

Masih dari laporan BMKG, Lanjut Jokowi, musim hujan diperkirakan baru akan terjadi pada akhir November atau akhir Oktober 2017.

"Untuk itu saya minta semua menteri dan lembaga terkait serta para gubernur untuk betul-betul melihat kondisi-kondisi yang ada di lapangan dan segera melakukan langkah-langkah penanggulangan bencana kekeringan ini," tambah dia.

Untuk jangka pendeknya, mantan Wali Kota Solo ini meminta untuk segera dikerahkan bantuan air bersih bagi masyarakat yang terkena dampak kekeringan. Bahkan, dia juga meminta untuk segera melakukan pengecekan terkait dengan suplai air untuk irigasi pertanian.

Dia berharap, kerja keras pemerintahan kabinet kerja dalam membangun waduk sudah dapat dirasakan manfaatnya.

"Saya harapkan ini juga bisa membantu. Sekali lagi saya titip pesan agar kita tidak lengah untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, khususnya di lahan lahan gambut seperti pada tahun 2015," tukas dia. (mca/mca)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed