Follow detikFinance
Selasa 12 Sep 2017, 19:37 WIB

Banyak Bendungan Baru, Mentan Pede RI Aman dari Kekeringan

Hendra Kusuma - detikFinance
Banyak Bendungan Baru, Mentan Pede RI Aman dari Kekeringan Foto: Istimewa/dok Kementan
Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjamin bahwa kekeringan yang melanda beberapa wilayah di Indonesia tidak mengganggu stok pangan secara nasional. Sebab, banyak bendungan dan jaringan irigasi baru.

Hal tersebut diungkapkannya usai melakukan rapat terbatas tentang penanggulangan bencana kekeringan di Komplek Istana, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

"Aman, karena standing crop kita 4,6 juta hektar, irigasi kita naik 7,4 juta hektar, jadi kekeringan ada yang namanya kekeringan meteorologis dan kekeringan agronomis. Biar ada kekeringan kalau ada irigasi, aman kan. Jadi aman dari kekeringan," kata Amran.

Dia menjelaskan, untuk kekeringan sektor petanian pada tahun ini mengalami penurunan, khususnya di Jawa Barat saat ini sekitar 3.000 hektar lahan pertanian yang terdampak. Untuk musim kemarau tahun lalu yang terdampak mencapai 100 ribu hektar.

Menurunnya jumlah lahan pertanian yang terdampak dikarenakan telah berfungsinya Bendungan Jatigede di Jawa Barat.

"Kemudian kita membangun embung yang luar biasa, kemudian ada alat mesin pertanian dan seterusnya. Sehingga standing crop sekarang ada 4,6 juta ha seluruh Indonesia. Dan itu aman sampai 4 bulan," ungkap dia.

Lebih lanjut Amran memaparkan, pemerintah menjamin ke depan pasokan bahan pangan akan tetap berjalan normal meskipun tengah terjadi kemarau.

"Alhamdulillah, tadi pagi serapan kurang lebih 11 ribu ton beras dalam sehari, itu tinggi. Kemudian yang masuk ke Cipinang 4.800 ton, hampir 5.000 ton (beras), itu cukup tinggi. Jadi harga bagus," tukas dia. (mca/mca)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed