Follow detikFinance
Selasa 12 Sep 2017, 20:12 WIB

Skytrain Bandara Soetta Beroperasi Hari Minggu

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Skytrain Bandara Soetta Beroperasi Hari Minggu Foto: Rengga Sencaya
Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) siap mengoperasikan kereta tanpa awak atau skytrain Bandara Soekarno Hatta pada Minggu, 17 September 2017 mendatang. Kereta tanpa awak tersebut akan beroperasi pada satu track dan satu rute destinasi dari terminal 3 ke terminal 2 dan sebaliknya pada tahap awal ini.

Demikian disampaikan oleh Direktur Utama Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin saat ditemui di Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

"Insya Allah tanggal 17 September kita akan operasikan satu track dan satu rute destinasi dari terminal 3 ke terminal 2," tuturnya.

Pada satu kali track keberangkatan ini sendiri akan mengangkut maksimal 352 penumpang, yang terdiri dari dua gerbong kereta, masing-masing 176 orang per gerbong.

Pengoperasian kereta secara penuh sendiri direncanakan baru akan dilakukan pada bulan November mendatang. Setelah itu, rutenya baru akan penuh menyusuri terminal I ke integrated building, kemudian terminal 2 dan terminal 3.

"Kita ngebut untuk November bisa operasi penuh," ungkapnya.

Adapun pada tahap awal ini, selama enam bulan ke depan, kereta masih akan diawaki oleh pengemudi terlebih dahulu sebagai bagian dari standar operasional prosedur.

"Sampai terminal 1 nanti masih pakai driver. Karena memang dalam periode enam bulan pengoperasian, paling cepat itu baru bisa driverless. Kan ada pertimbangan factor safety dan resiko," tukasnya. (eds/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed