Follow detikFinance
Rabu 13 Sep 2017, 15:44 WIB

Hampir Rampung, Begini Wujud Bandara Letung di Wilayah Terluar RI

Dana Aditiasari - detikFinance
Hampir Rampung, Begini Wujud Bandara Letung di Wilayah Terluar RI Foto: Istimewa/Djoko Setijowarni
Kepuluan Anambas - Wilayah terluar hingga perbatasan RI semakin mendapat perhatian dari pemerintah. Ini terlihat dari keberadaan Bandara Letung yang terletak di Pulau Jemaja, tepatnya di Kabupaten Kepulauan Anambas yang hampir selesai dibangun.

"Bandara ini ntinya tidak hanya dapat meningkatkan perekonomian wilayah perbatasan, namun dapat berfungsi sebagai basis pertahanan dan keamanan negara," keterangan tertulis Kementerian Perhubungan yang dikutip detikFinance, Rabu (13/9/2017).

Bandara Letung disukai pelancong mancanegara, karena dekat menuju Pulau Bawah yang cukup terkenal keindahan alamnya. Hal ini menjadi penting mengingat pariwisata menjadi salah tujuan pengembangan ekonomi di RI.

Bandara LetungBandara Letung Foto: Istimewa/Djoko Setijowarni

Bandara dengan ukuran landas pacu 1.200 x 30 meter, landas hubung 125 x 15 meter dan landas parkir untuk 3 pesawat 125 x 70 meter. Pada 22 November 2016 telah dilakukan terbang perdana.

"Sekarang sudah ada penerbangan komersial tapi hari Rabu menggunakan Susi Air dengan tarif subsidi Rp 350 ribu utk rute Tanjungpinang (Pulau Bintan)-Letung (Kabupaten Anambas). Ada juga penerbangan sewa bagi turis yang berkunjung ke Pulau Bawah," tulis Kemenhub.

Bandara LetungBandara Letung Foto: Istimewa/Djoko Setijowarni

Namun demikian, masih banyak pembenahan infrastruktur di kawasan tersebut agar manfaat bandara bisa dirasakan lebih maksimal.

Salah satu kondisi yang perlu mendpat perhatian adalah, akses menuju pusat pemerintahan, Kota Tarempa di Pulau Siantan, perlu disediakan layanan konektivitas transportasi yang berkelanjutan.

"Jalur darat dan air masih harus disiapkan dengan benar. Kapal penyeberangan diupayakan maksimal satu jam perjalanan," sebut Kemenhub.

Dengan jarak Pulau Jemaja dan Pulau Siantan yang mencapai 45 mil, upaya penyediaan tranportasi dan infrastruktur penghubung harus dikerjakan dengan baik oleh pemda setempat.

Bandara LetungBandara Letung Foto: Istimewa/Djoko Setijowarni

Kelak, jika sudah selesai dibangun akhir tahun ini, diharapkan Bandara Letung direncanakan dapat melayani rute penerbangan Batam-Anambas-Natuna atau Tanjungpinang-Anambas-Natuna. Pesawat yang digunakan bisa jenis ATR yang berkapastas 70 tempat duduk.

"Pembangunan infrastruktur transportasi di wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal) mulai menampakkan wujudnya," tutup keterangan tertulis tersebut. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed